Serang Petugas Imigrasi, 1 WN Uzbekistan Tewas Terjun ke Kali

Nusantaratv.com - 11 April 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tiga warga negara (WN) Uzbekistan yang melakukan penyerangan kepada petugas di kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara sempat melarikan diri. Dua di antaranya kembali diamankan, sementara satu orang lagi tewas bunuh diri.

"Tiga orang di antaranya berhasil melarikan diri dan satunya tetap atau tidak mau lari," kata juru bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa (11/4/2023).

"Satu orang ditemukan meninggal dunia di Kali Sunter, meninggal karena terjun ke kali kemudian tenggelam dan meninggal dunia. Mayatnya sudah dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati untuk diautopsi," imbuhnya. 

Usai adanya penyerangan tersebut, polisi melakukan pemeriksaan di lokasi. Hasilnya, para WNA tersebut kabur dengan cara membobol plafon atap tempatnya ditahan.

"Kita kemudian langsung melakukan investigasi dan melakukan pengejaran dan menemukan bahwa mereka membobol atap plafon kantor Imigrasi," kata dia.

Setelah keluar melalui atap, WNA tersebut langsung menyerang petugas yang sedang makan sahur. Pelaku kemudian menyerang dengan menggunakan pisau yang didapat dari dapur.

"Kemudian (pelaku) mendatangi atau menyerang petugas yang sedang makan sahur dan sebagian sedang mempersiapkan salat subuh," kata dia.

Tidak lama setelah kabur, dua orang berinisial OMM alias IM dan MIR alias MR berhasil ditangkap. Sedangkan satu orang pelaku lain berinisial BA alias JF ditemukan tewas usai terjun dan tenggelam di kali Sunter.

"Dari Hasil investigasi awal di TKP, kemudian tim gabungan ini bergerak cepat untuk menyisir dan mencari para pelaku penyerangan," kata dia.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap empat warga negara Uzbekistan terkait kasus dugaan terorisme. Densus 88 mengatakan ada satu orang WN Uzbekistan yang melawan dan melakukan penyerangan hingga menyebabkan seorang petugas Imigrasi tewas.

"WNA ditempatkan di ruang detensi tersebut melakukan penyerangan terhadap petugas Imigrasi dan anggota Densus yang bertugas di kantor tersebut," ujar juru bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, di Mabes Polri.

Aswin mengatakan WN Uzbekistan tersebut menyerang petugas untuk melarikan diri dari Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara. Dia mengatakan tiga WN Uzbekistan sempat kabur, sementara seorang lainnya tidak.

"Dalam upayanya untuk melarikan diri atau untuk menyerang kemudian dalam rangka melarikan diri," jelas dia.

Akibat penyerangan tersebut, seorang petugas Imigrasi tewas dan dua petugas Imigrasi lainnya terluka. Di samping itu, ada dua korban luka dari Densus 88 yang masih dirawat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close