Sempat Bikin Khawatir, Pemilu 2024 Ternyata Malah Bawa Berkah untuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Nusantaratv.com - 15 Februari 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat menjadi narsum dalam program Special Report 'Nusantara Memilih' yang disiarkan langsung NusantaraTV
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat menjadi narsum dalam program Special Report 'Nusantara Memilih' yang disiarkan langsung NusantaraTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Adanya kekhawatiran sejumlah pihak yang menganggap pelaksanaan Pemilu 2024 bakal memicu gesekan politik yang sangat panas dan bisa membawa dampak buruk terhadap ekonomi Indonesia khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ternyata tidak terbukti. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat diwawancara presenter Ellyza Hasan dalam program Special Report 'Nusantara Memilih' yang disiarkan langsung NusantaraTV, Kamis (15/2/2024) menyampaikan bahwa pesta demokrasi Pemilu 2024 justru membawa berkah bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.  

Dampak positif pelaksanaan Pemilu 2024 tersebut ditandai dengan peningkatan jumlah hunian hotel, konsumsi hingga penjualan produk-produk industri kreatif. 

"Terima kasih Mbak Ellyza dan Nusantara TV. Senang bisa berkolaborasi untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno di awal wawancara. 

"Pariwisata ternyata mengalami dampak yang positif dengan penyelenggaraan pesta demokrasi. Membawa tingkat hunian hotel meningkat dan juga produk-produk ekonomi kreatif," imbuh mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. 

Sandiaga menyampaikan dampak positif tersebut terlihat berdasarkan pantauan. Bahkan pada hari H pencoblosan di Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024) kemarin, kata Sandi, ternyata sebagian masyarakat setelah menggunakan hak pilihnya menghabiskan waktu di tempat belanja dan taman rekreasi.

"Ini merupakan berkah dari Pemilu bagi pariwisata dan ekonomi kreatif. Jadi benar-benar bisa dikatakan Pemilu 2024 ini menjadi salah satu pendorong utama di industri pariwisata. Datanya seperti itu," imbuhnya. 

Menurut Sandiaga ada dampak langsung terhadap sektor pariwisata dengan peningkatan pergerakan wisatawan Nusantara. Hal itu tak terlepas dari tawaran-tawaran menarik yang diberikan sejumlah pengelola destina wisata kepada para calon pengunjung saat hari H Pemilu 2024.

"Misalnya Ancol itu memberikan potongan harga bagi bagi para pengunjung yang menunjukkan jari bertinta bukti menggunakan hak pilih. Walaupun berbeda-beda tetapi diskonnya ada yang sampai 50%," ungkap Sandiaga.

"Kemudian Taman Mini Indonesia Indah juga menawarkan promon beli 3 tiket dapat 1 tiket gratis di tanggal 14 Februari 2024 dan tiket-tiket lainnya yang menarik," tambahnya.

Tak hanya itu, kata Sandiaga, ada juga  program yang akan diluncurkan bersama-sama dengan Apindo dan beberapa asosiasi lainnya yang dinamai 'Klingking Fun'.

"Bukan hanya di destinasi wisata saja. Melainkan industri kreatif juga hotel,  restoran dan tempat-tempat rekreasi ini memberikan promo," tuturnya.

Sandiaga menyampaikan Kemenparekraf juga memantau persiapan pencoblosan, rapat-rapat partai rapat dan saat menjelang masa kampanye. 

Aktifitas politik itu membawa dampak positif bagi hotel, restoran dan sektor ekonomi kreatif.

"Sehingga penjualan di restoran, cafe dan tingkat hunian hotel ini meningkat. Juga kita rasakan di sektor ekonomi. kreatif penjualan produk kuliner, oleh-oleh cinderamata. Kemudian industri kreatif seperti poster umbul-umbul dan penyewaan sound system dan lighting juga meningkat," papar Sandiaga. 

Baca juga: Menparekraf: Fesbul 2024 Sajikan Serangkaian Program Inovatif

Ditanyakan apakah di tengah limpahan berkah itu terselip efek negatif dari pesta demokrasi Pemilu 2024.

Sandiaga mengaku belum melihat dari sisi yang negatif.

Kendati demikian, Sandiaga mengakui berdasarkan pemantauan ada beberapa negara yang menerbitkan travel warning (peringatan perjalanan) kepada warganya yang hendak melancong ke Indonesia. 

"Tapi ternyata dari pantauan kami tidak menyurutkan keinginan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Malah ada peningkatan yang cukup signifikan," ujarnya.

Pihaknya juga memantau sesuai dengan Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 bahwa pergerakan uang beredar dan money supplay meningkat tajam di Pemilu 2024. 

"Kita lihat juga konsumsi di daerah ini meningkat," kata Sandiaga.

 

Pemilu 2024 juga memiliki sisi menarik, kata Sandiaga, karena ternyata beberapa stafnya di Kemenparekraf mengambil momen pulang kampung karena mereka hanya bisa mencoblos. Kalau belum mengganti KTP itu di daerahnya masing-masing. 

"Jadi ini justru mereka mengambil kesempatan untuk pulang kampung mudik dan itu membawa dampak positif terhadap sektor transportasi dan konsumsi di beberapa daerah yang kami pantau. 

"Ternyata dengan adanya pesta demokrasi ini wisatawan mancanegara pun banyak yang datang. Artinya tidak ada kekhawatiran dengan berlangsungnya pesta demokrasi Indonesia," imbuhnya. 

Penyelenggaraan Pemilu 2024 malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. 

"Kami menyebutnya wisatawan Pemilu atau wisatawan kontestasi pesta demokrasi. Mereka datang dan ingin melihat langsung," ungkapnya. 

Kehadiran para wisatawan domestik dan mencanegara tentunya menopang kegiatan-kegiatan di hotel juga para pelaku ekonomi kreatif UMKM. 

Termasuk sub sektor UMKM produk fashion seperti seragam dengan warna-warna tertentu mengalami peningkatan. 

"Begitu juga dengan griya. Ini juga untuk oleh-oleh maupun kuliner yang sangat kuat. Kemudian audio visual  seperti film TV, video, animasi, aplikasi, pembuatan AI (Artificial Intelligence), game developer, musik, fotografi, seni pertunjukan konser konser konser ini meningkat," beber Sandiaga. 

"Kami juga memantau di industri tekstil dan produk produk tekstil. Selain daripada akomodasi dan industri transportasi," tambahnya. 

Sandiaga meyakini kegairahan tersebut akan menstimulus usaha padat karya dan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat kecil dan menengah. Sejalan dengan harapan masyarakat bahwa ekonomi yang menjadi yang prioritas. 

"Dan saya juga berharap kita segera menatap menatap bagaimana kita membangun ekonomi rakyat ini lebih kuat," pungkasnya.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close