Selandia Baru Longgarkan Perbatasan Sambut Wisatawan Asing

Nusantaratv.com - 13 April 2022

Pesawat penumpang Air New Zealand (Foto file: AP/Mark Baker)
Pesawat penumpang Air New Zealand (Foto file: AP/Mark Baker)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Dengan melandainya pandemi covid-19, Selandia Baru kini membuka perbatasannya untuk warga Australia yang hendak melancong ke Selandia Baru. Seperti diketahui saat pandemi covid-19 melanda Selandia Baru, negara itu telah menutup perbatasannya untuk warga asing.

Saat pandemi Covid-19 melanda, Selandia Baru terkenal dengan kontrol perbatasannya yang super ketat di dunia. Penutupan perbatasan itu dimaksudkan untuk mencegah masuknya virus corona. Meski Selandia Baru dan Australia dua negara yang bertetangga, namun mereka sempat menutup perbatasan pada pertengahan 2021.

Kini pemerintahan Selandia Baru mulai menghapus kebijakan ini seiring dengan melandainya pandemi Covid-19. Pemerintah kembali membuka perbatasan dengan harapan sektor pariwisata kembali meningkat.

“Ini adalah langkah pertama dalam menyambut pengunjung internasional kembali ke pantai kami dan kami sangat bersemangat untuk Selandia Baru dan Air New Zealand,” kata Kepala Pelanggan dan Penjualan Air New Zealand Leanne Geraghty dalam sebuah pernyataan.

Maskapai tersebut mengatakan bahwa mereka menjalankan 11 penerbangan hampir penuh dari Australia dengan pendaratan pertama di Bandara Internasional Auckland pagi ini.

Tayangan televisi menunjukkan adegan emosional dari keluarga dan teman yang bersatu kembali saat dua penerbangan dari Australia mendarat di Auckland. Tanda-tanda dibagikan kepada mereka yang menunggu di Ruang Kedatangan yang menyatakan “Halo & Kia Ora & G’day & Selamat Datang”.

Orang asing sebelumnya dilarang masuk, dan hingga Februari warga yang ingin kembali harus mengajukan permintaan darurat kepada pemerintah atau mengamankan tempat di fasilitas karantina negara.

Turis dari negara bebas visa termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Singapura sekarang dapat berkunjung mulai 1 Mei. Perbatasan akan tetap ditutup untuk semua pengunjung lain hingga Oktober. (Rafli)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close