Selain Anies dan Ganjar, Nama Andika Perkasa Termasuk yang Paling Banyak Diusulkan DPW sebagai Capres di Rakernas NasDem

Nusantaratv.com - 16 Juni 2022

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (net)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (net)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Selain nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menjadi figur yang paling banyak diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) sebagai calon presiden 2024  pada Rakernas I NasDem 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center, 15-17 Juni.

Hal itu mencuat pada hari kedua Rakernas NasDem dengan agenda pengusulan nama-nama capres yang akan diusung pada pemilihan presiden 2024 yang akan datang.

Pada sidang pleno terbuka hari ini, Kamis 16 Juni 2022, dari 34 DPW yang hadir di Rakernas NasDem, nama Anies diusulkan oleh lebih dari 32 DPW.

Hanya ada dua DPW yang tidak merekomendasikan nama Anies, yaitu DPW Papua Barat dan DPW Kalimantan Timur.

Sementara nama Ganjar diusulkan oleh 29 DPW

Ada lima DPW yang tidak merekomendasikan Ganjar. Di antaranya DPW Kalimantan Timur, DPW Banten, DPW Kalimantan Selatan, DPW Maluku Utara dan DPW Jakarta

Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga menjadi figur yang paling banyak diusulkan sebagai capres 2024. 

Kemudian Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sementara dari kader internal NasDem yang banyak disebut di antaranya Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR Lestari Moeridjat, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Dalam Rakernas NasDem kali ini, setiap DPW boleh mengajukan tiga hingga lima nama usulan capres dari hasil penjaringan masing-masing daerah. Panitia pengarah selanjutnya akan mengerucutkan menjadi tiga nama capres untuk diserahkan kepada ketua umum.

“Ketua Umum Partai NasDem, Pak Surya Paloh akan membacakan tiga nama itu pada malam penutupan 17 Juni 2022,” ujar Sekretaris Steering Committee Rakernas, Willy Aditya.

Selanjutnya, ujar Willy, ketua umum diberi mandat untuk melakukan lobi membangun koalisi dan pada saatnya mengumumkan calon presiden NasDem bersama mitra koalisi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close