Sekjen PBB dan Presiden Turki Komitmen Akhiri Konflik di Ukraina

Nusantaratv.com - 26 April 2022

Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Xinhua)
Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Xinhua)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengakhiri konflik di Ukraina dan penderitaan warga sipil.

Hal itu dikatakan juru bicara PBB, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (26/4/2022). Guterres bertemu Erdogan di Ankara, Turki. Guterres menyatakan dukungannya untuk upaya diplomatik Turki yang sedang berlangsung terkait konflik di Ukraina, Farhan Haq, wakil juru bicara Guterres, mengatakan kepada wartawan di New York, Amerika Serikat (AS).

"Dia (Guterres) dan Presiden Erdogan menegaskan kembali tujuan bersama mereka adalah mengakhiri perang sesegera mungkin dan menciptakan kondisi agar penderitaan warga sipil berakhir. 

Ditambahkannya, mereka menekankan kebutuhan mendesak akan akses yang efektif melalui koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada masyarakat yang terkena dampak.

"Mereka setuju untuk tetap berhubungan untuk menindaklanjuti inisiatif yang sedang berlangsung," ungkapnya.

Guterres dan Erdogan juga membahas dampak konflik Ukraina pada isu-isu regional dan global, termasuk energi, makanan dan keuangan, kata Haq. Guterres berada di Ankara pada Senin (25/4/2022) sebelum melakukan perjalanan ke Moskow dan Kiev. Turki, mediator utama, juga telah menunjukkan kesediaannya untuk menjadi penjamin keamanan Ukraina.

Sekjen PBB akan mengunjungi Moskow dan mengadakan pertemuan kerja dan menghadiri makan siang dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Selasa (26/4/2022). Dia akan diterima oleh Presiden Vladimir Putin.

Guterres kemudian akan melakukan perjalanan ke Ukraina, di mana dia akan mengadakan pertemuan kerja dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba dan akan diterima oleh Presiden Volodymyr Zelensky pada Kamis (28/4/2022). 

Dia juga akan bertemu dengan staf badan-badan PBB di Ukraina untuk membahas peningkatan bantuan kemanusiaan. (Rafli Dwidani)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close