Sebelum Pensiun, Jokowi Minta Revitalisasi SD di IKN Selesai

Nusantaratv.com - 01 November 2023

Presiden Jokowi di IKN. (Net)
Presiden Jokowi di IKN. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah SDN di sekitar kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya di SDN 020 di Sepaku, Penajam Paser Utara. Jokowi mau revitalisasi itu selesai 10 bulan ke depan agar dirinya bisa kembali meninjau.

Ini diungkap Jokowi dalam sambutannya di SDN 020, Sepaku, Penajam Paser Utara, Rabu (1/11/2023). Jokowi mulanya mengungkap banyak pihak yang bertanya terkait sekolah jika pindah ke IKN.

"Banyak yang ingin pindah ke Ibu Kota Nusantara, baik ASN kita maupun juga masyarakat. Tapi selalu yang ditanyakan, 'Pak, kalau saya pindah, anak saya sekolah di mana, SD-nya di mana, kualitasnya seperti apa', nah jawabannya saat ini ada, yaitu di SDN 020 Sepaku," ujar Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden.

Ia berharap revitalisasi itu selesai 10 bulan ke depan agar dirinya bisa kembali melihat. Apabila lebih dari 10 bulan, Jokowi mengatakan sudah pensiun.

"Karena sebentar lagi akan direhabilitasi, dibangun fasilitas oleh yayasan pendidikan Astra, dan kita harapkan, berapa bulan selesai, 10 bulan, artinya saya nanti masih bisa ke sini kalau 10 bulan. Kalau lepas 10 bulan, saya sudah pensiun," tuturnya.

Jokowi mengaku senang dengan revitalisasi SD di kawasan IKN. Jokowi menyebut saat ini ada lima SD yang akan direvitalisasi. Dengan begitu, SD sekitar IKN mendapat akan memiliki kualitas dan fasilitas terbaik.

"Dan saya senang ini akan memperbaiki kualitas, tidak hanya di SDN 020, tapi juga kita sedang memperbaiki, merehabilitasi lima SD yang lain di sekitar IKN, sehingga nanti anak-anak kita semuanya bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik, dengan sarana dan prasarana dengan kualitas yang baik," ujarnya.

"Dan kalau saya, ada yang bertanya kepada saya lagi, di mana anak saya nanti yang kelas 2 pindah, anak saya yang kelas 5 pindah, jawabannya sudah ada. SDN 020 Sepaku dan lima SD yang lainnya, yang akan kita perbaiki kualitasnya," lanjut Jokowi.

Jokowi mengatakan revitalisasi SDN 020 ini akan dilengkapi laboratorium, ampiteater, dan fasilitas pendukung lain.

"Saya senang rehabilitasi SDN 020 ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang baik, ada ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ampiteater, kantin, tempat baca, lab multifungsi, area hijau, konservasi embung, dan fasilitas pendukung lainnya," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close