Satu Orang Tewas dalam Serangan Bersenjata di Kedubes Azerbaijan di Iran

Nusantaratv.com - 27 Januari 2023

Seorang penyerang menerobos pos penjagaan di kedutaan besar Azerbaijan di Teheran dan membunuh kepala keamanan. (Majid Asgaripour/WANA via Reuters)
Seorang penyerang menerobos pos penjagaan di kedutaan besar Azerbaijan di Teheran dan membunuh kepala keamanan. (Majid Asgaripour/WANA via Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang penjaga tewas dalam sebuah serangan bersenjata di kedutaan besar (Kedubes) Azerbaijan di Iran.

"Penyerang menerobos masuk ke pos penjagaan, membunuh kepala keamanan dengan senapan serbu Kalashnikov," kata Kementerian Luar Negeri negara itu, seperti dikutip dari Aljazeera, Jumat (27/1/2023).

Serangan bersenjata pada Jumat (27/1/2023) itu juga melukai dua orang penjaga lainnya. Sementara investigasi telah diluncurkan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyebut serangan di kedutaan besar negaranya itu sebagai aksi teroris dan menuntut penyelidikan cepat. "Kami menuntut agar aksi teroris ini diselidiki dan teroris itu dihukum," kata Aliyev dalam pernyataannya. 

Dia menambahkan serangan terhadap misi diplomatik "tidak dapat diterima".

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengutuk keras serangan itu, menurut TV pemerintah, dan mengatakan jika insiden tersebut sedang diselidiki dengan "prioritas dan sensitivitas tinggi."

Diketahui, hubungan antara Baku dan Teheran secara tradisional memburuk karena Azerbaijan yang berbahasa Turki adalah sekutu dekat Turki, saingan sejarah Iran.

Di sisi lain, Iran, yang merupakan rumah bagi jutaan etnis Azerbaijan, telah lama menuduh Baku mengobarkan sentimen separatis di negara itu.

Iran juga mencuriga kerja sama militer Azerbaijan dengan Israel, dan mengatakan negara zionis itu berpotensi menggunakan wilayah Azerbaijan sebagai jembatan melawan Iran.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])