Saran Jemaah Muhammadiyah Potong Hewan Kurban Besok, Muhadjir: Biar Kompak

Nusantaratv.com - 28 Juni 2023

Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melaksanakan salat Idul Adha 1444 H di Masjid At Tanwir Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat. Muhadjir pun menyarankan jemaah Muhammadiyah melakukan pemotongan hewan kurban besok.

"Saya menyarankan untuk yang salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban. Jadi penyembelihan kurbannya sebaiknya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul Adha besok, biar lebih kompak," ujar Muhadjir, Rabu (28/6/2023).

Dia meminta untuk saling menghargai meski salat Idul Adha 2023 berbeda hari. Menurut Muhadjir, perbedaan ini merupakan hal biasa.

"Saya kira Idul Adha hari ini akan berjalan lancar dan juga yang akan melaksanakan Idul Adha besok kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan," kata dia.

Walau berbeda Hari Raya Idul Adha 2023, Muhadjir mengatakan yang terpenting adalah tetap bersaudara. Ia mengajak untuk saling menghargai antar sesama umat beragama.

"Masing-masing punya argumen baik secara syariah maupun secara ilmiah, sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting terus kita pupuk semangat persaudaraan ukhuwah islamiah, ukhuwah watoniah sebagai se-bangsa dan se-tanah air itu yang penting," jelas dia.

Muhadjir sendiri mengaku melaksanakan ibadah salat Idul Adha di Masjid At Tanwir Muhammadiyah karena lebih dekat. Menurutnya, untuk salat Id ia tak ingin menjadi khatib.

"Ya yang dekat saja, dan ini kan kantor PP Muhammadiyah, jadi mudah. Cuma saya memang kalau Idul Adha dan Idul Fitri berusaha untuk menjadi jemaah yang baik. Jadi biasanya saya tidak mau jadi khatib, ingin mendengarkan khotbahnya sekali-kali," jelas dia.

Diketahui, terjadi perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha 1444 H atau tahun 2023. Muhammadiyah lebih dulu menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu (28/6/2023) hari ini.

Sementara, pemerintah melalui sidang isbat yang digelar di Kementerian Agama beberapa waktu lalu menetapkan 10 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada Kamis (29/6/2023) besok.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close