Sandiaga ke UMKM Penjual Obat: Salep Kalah Pilpres Ada?

Nusantaratv.com - 18 Maret 2024

Menparekraf Sandiaga Uno. (Antara)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi. Dirinya sempat bertemu dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ia pun bergurau dengan mereka. 

"Ada salep untuk kalah pilpres?," gurau Sandiaga ke pelaku UMKM obat herbal yang disambut tawa warga, Minggu (17/3/2024).

Walau cuma bercanda, pertanyaan Sandiaga itu ditanggapi oleh pelaku UMKM tersebut.

"Kalau itu pakai koyo (plester untuk pegal), Pak," ucap penjual seraya tertawa.

Kunjungan kerja Sandiaga di Jambi didampingi oleh Gubernur Jambi Al Haris dan Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih. Sandiaga pun mengajak pelaku UMKM terus berkembang dan aktif mengikuti kemajuan zaman.

Menurut dia, ada beberapa subsektor yang menonjol di Jambi seperti kuliner dan beberapa produk UMKM lain.

"Ada juga salep anti baper kalah pilpres, juga ready," seloroh Sandiaga lagi, seraya tertawa. 

Dalam kunjungannya, Sandiaga mengajak pemerintah di Jambi untuk memberdayakan para pelaku UMKM sehingga turut serta dalam meningkatkan perekonomian daerah. Sandiaga menyebut, UMKM bisa memajukan daerah di Jambi asal dibimbing dan dibina hingga mampu berdaya saing.

"Jadi kita harap pemerintah Jambi bersama daerah bisa berkolaborasi membantu para pelaku UMKM ataupun membuka ruang bagi pelaku UMKM demi meningkatkan perekonomian daerah juga," tutur Sandiaga.

Sandiaga berharap pelaku UMKM di Jambi juga bisa bekerja sama dengan pemda, akademisi, pelaku bisnis lain, komunitas termasuk media dalam mengembangkan bisnisnya. Itu penting supaya UMKM bisa lebih maju dan berkompetisi dengan yang industri besar.

"Ini yang kita harapkan, jika UMKM berkembang pesat maka ekonomi makin baik dan pastinya akan membuka lapangan pekerjaan juga, ini yang harus kita tingkatkan," kata Sandiaga.

Ia menuturkan terdapat beberapa subsektor ekonomi kreatif yang telah berkembang pesat di Kota Jambi meliputi kuliner, kriya, fesyen, bahkan perfilman.

"Jadi jangan hanya bisa perang harga, tetapi bagaimana bisa berkompetisi dan berkolaborasi dengan pemangku kebijakan di daerah untuk berinovasi," tandas Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close