Sambut Kedatangan Jamaah Haji, Menag Minta Maaf dan Doakan Kemabruran

Nusantaratv.com - 21 Juli 2024

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan jamaah JKG 63 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (21/7/2024). (Foto: Istimewa/Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan jamaah JKG 63 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (21/7/2024). (Foto: Istimewa/Kemenag)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Minggu (21/7/2024) pagi, menyambut kedatangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) 63 Embarkasi Jakarta (JKG 63) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. 

Atas nama pemerintah, Menag menyampaikan terima kasih dan permohonan maaf kepada jamaah haji. Jamaah JKG 63 mendarat di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 06.40 WIB.

Jamaah selanjutnya diantar ke Asrama Haji Pondok Gede dan sampai sekitar pukul 07.20 WIB. Total ada 388 jamaah dan 5 petugas haji asal DKI Jakarta. JKG 63 adalah kloter terakhir yang dilepas melalui Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Penyambutan ditandai dengan pengalungan bunga oleh Menag kepada perwakilan jamaah haji JKG 63, yakni Sasdi Junaidi dan Iin Khodijah.

"Selamat datang di Tanah Air. Selamat bertemu kembali dengan keluarga di rumah," ujar Menag di Jakarta, Minggu (21/7/2024).

"Kami atas nama pemerintah memohon maaf jika selama memberikan pelayanan selama di Tanah Suci ada kekurangan di sana-sini. Kami mohon keikhlasannya untuk dimaafkan," sambungnya.

Menag mendoakan jamaah haji Indonesia mendapatkan predikat haji yang mabrur dan mabrurah. 

"Pesan saya tolong dijaga kemabruran ini. Karena menjaga kemabruran tidak lebih mudah dibanding mencapai kemabruran itu sendiri," sebut Menag.

Dia juga berharap mereka yang sudah kembali ke Tanah Air, mendoakan jamaah haji yang masih berada di Tanah Suci, termasuk jamaah yang wafat di Tanah Suci.

"Semoga saudara kita yang wafat, husnul khatimah, diterima seluruh amal ibadahnya, dan mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah," harap Menag.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close