Sambut Imlek, Menara Ikonik Iran Dihias Lampu Merah yang Menyala Simbol Kebahagiaan dan Keberuntungan

Nusantaratv.com - 01 Februari 2022

Menara Azadi yang ikonik di Teheran dihias dengan lampu merah guna menyambut Tahun Baru Imlek. (Xinhua)
Menara Azadi yang ikonik di Teheran dihias dengan lampu merah guna menyambut Tahun Baru Imlek. (Xinhua)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menara Azadi yang ikonik di Teheran, ibu kota Iran, dihias dengan lampu merah guna menyambut Tahun Baru Imlek pada Senin (31/1/2022).

Warna Merah kerap diasosiasikan dengan keberuntungan dan kebahagiaan di China, untuk menandai Tahun Baru Imlek, atau Festival Musim Semi, yang jatuh pada 1 Februari 2022.

Dengan lagu kebangsaan China dan Iran diputar di latar belakang, bendera nasional kedua negara berkibar di atas menara, sementara bagian utama dari landmark itu diterangi dengan warna merah.

Slogan dalam bahasa China dan Persia, seperti 'Selamat Tahun Baru Imlek', 'Merayakan dengan hangat peringatan 50 tahun hubungan diplomatik China-Iran", dan 'Peradaban kuno Iran menyambut Anda', muncul secara bergantian, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (1/2/2022).

Tema lain dari pertunjukan cahaya ini adalah berharap Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing sukses. Lambang Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing diproyeksikan ke menara. Di mana video promosi untuk Olimpiade Beijing diputar selama acara tersebut.

Duta Besar China untuk Iran Chang Hua mengatakan pertunjukan cahaya itu mewakili harapan baik Iran untuk Tahun Baru Imlek dan Olimpiade Musim Dingin Beijing mendatang. "Ini telah sepenuhnya menunjukkan persahabatan dan ikatan yang mendalam antara masyarakat kedua negara," ujar Chang Hua.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close