Rusia Sukses Uji Coba Rudal Strategis Sarmat, Putin: Mampu Atasi Semua Sarana Pertahanan Anti-Rudal Modern

Nusantaratv.com - 21 April 2022

Tangkapan layar dari video yang dirilis oleh Kremlin ini menunjukkan uji coba peluncuran rudal Sarmat pada 20 April 2022. (Xinhua)
Tangkapan layar dari video yang dirilis oleh Kremlin ini menunjukkan uji coba peluncuran rudal Sarmat pada 20 April 2022. (Xinhua)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Rusia mengumumkan pihaknya sukses melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua Sarmat pada Rabu (20/4/2022), di saat ketegangan Moskow-Barat meningkat tajam di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebut rudal itu ditembakkan dari sebuah peluncur silo pada pukul 15:12 waktu Moskow (19:12 WIB) di kosmodrom uji coba Plesetsk di wilayah Arkhangelsk, Rusia barat laut.

Dikutip dari Xinhua, Kamis (21/4/2022), hulu ledak dalam latihan tersebut mencapai area tertentu di lokasi uji coba Kura di Semenanjung Kamchatka dan misi itu terselesaikan sepenuhnya, kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

Setelah uji coba tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan rudal baru itu memiliki 'karakteristik taktis dan teknis tertinggi dan mampu mengatasi semua sarana pertahanan anti-rudal modern'.

Sarmat akan memperkuat potensi tempur Angkatan Bersenjata Rusia, melindungi negara Beruang Merah itu dari ancaman eksternal, serta membuat mereka yang berada di tengah panasnya retorika hiruk pikuk dan agresif, berupaya mengancam negara Rusia untuk berpikir kembali.

Hal itu dikatakan Putin dalam pertemuan daring dengan pejabat tinggi pertahanan.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close