Rumah sakit Biak terapkan layanan digitalisasi berobat pasien

Nusantaratv.com - 15 November 2022

Klinik pemeriksaan mata di RSUD Biak menggunakan alat modern dan pelaporan digitalisasi pasien. ANTARA/Muhsidin
Klinik pemeriksaan mata di RSUD Biak menggunakan alat modern dan pelaporan digitalisasi pasien. ANTARA/Muhsidin

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Biak Numfor, Papua telah menerapkan teknologi informasi digitalisasi layanan kesehatan antarklinik untuk mempercepat penanganan pasien dalam berobat.

"Penggunaan layanan digitalisasi rumah sakit Biak dimotori kepemimpinan Direktur Ricardo Mayor karena sebuah tuntutan kebutuhan. Ya, termasuk pasien ingin konsultasi kesehatan dapat gunakan telemedisin," ujar Komite Medik RSUD Biak dr Wayan Widana di Biak, Senin.

Dengan layanan digitalisasi, katanya, dokter langsung memberikan hasil pemeriksaan untuk diteruskan pengambilan obat ke apotek dan diagnosa medis pasien bersangkutan.

Ia mengakui layanan digitalisasi membantu manajemen rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien yang berobat jalan maupun rawat inap.

"Ya semua hasil pemeriksaan rekam medis pasien tetap terjaga kerahasiaannya dan tersimpan secara digital," ujarnya.

Direktur RSUD Biak dr Ricardo R. Mayor mengatakan inovasi teknologi digital diterapkan manajemen rumah sakit Biak untuk perbaikan kualitas pelayanan kesehatan kepada warga setempat.

"RSUD Biak terus berinovasi mengembangkan digitalisasi layanan di RS untuk menciptakan kemudahan akses kenyamanan dan kecepatan pasien," katanya.

Ia mengatakan saat ini pasien yang akan berobat bisa mendaftar secara daring melalui layanan administrasi RSUD Biak.

"Transformasi digital layanan kesehatan memberikan kecepatan, praktis dan mempermudah pencatatan medis, cek laboratorium hingga treatment (penanganan) kesehatan pasien," katanya.

Berdasarkan data jumlah layanan pasien berobat ke RSUD Biak mencapai 129 ribu per tahun.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close