Rudal Korsel Terbakar Saat Uji Coba, Warga Panik Mengira Terjadi Perang

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2022

Uji coba peluncuran rudal Korea Selatan/ist
Uji coba peluncuran rudal Korea Selatan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Uji coba peluncuran rudal Korea Selatan (Korsel) dalam latihan militer bersama Amerika Serikat diwarnai insiden. Uji coba sempat gagal dan menimbulkan kobaran api yang membuat warga panik. 

Rudal jarak pendek Hyunmoo-2 yang ditembakkan militer Korsel pada Selasa (4/10/2022) malam, sempat gagal. Namun, rudal itu tidak berfungsi dan jatuh tak lama setelah diluncurkan.

Seorang pejabat militer Korsel menuturkan bahan peledak rudal itu terbakar, tetapi hulu ledaknya tak ikut meledak.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyampaikan tak ada korban jiwa atas kegagalan rudal ini, pun mereka masih mencari penyebabnya.

Namun, kebakaran ini menimbulkan kepanikan dalam masyarakat.

Dalam video yang viral di media sosial, tampak kobaran api di area yang diklaim berada dekat satu pangkalan angkatan udara di dekat Gangneung. 

Kemunculan video itu menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat.

"Saya pikir ada perang, tetapi ternyata adalah latihan militer," kata salah satu warganet di Twitter.

"Apa yang membuat mereka membutuhkan waktu lama untuk mengonfirmasi? Jika ada perang mungkin kita baru mengetahui hal itu keesokan harinya," tulis warganet lain.

Pejabat Kota Gangneung mengaku tak mendapatkan pemberitahuan dari militer Korsel terkait peluncuran rudal ini, mengutip CNNIndonesiacom.

Uji coba peluncuran rudal Korsel dalam latihan bersama Amerika Serikat untuk merespons peluncuran rudal Korea Utara beberapa waktu lalu.

Pyongyang diketahui meluncurkan rudal balistik jarak menegah yang melintasi Jepang pada Selasa, membuat Tokyo meminta warganya untuk berlindung.

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])