RSU Sis Aljufri Palu Raih Akreditasi Paripurna

Nusantaratv.com - 31 Maret 2023

Ketua Tim Surveior KARS dr Mukmin, M.Kes, didampingi dr Cinderella Rieuwpassa, Sp.OG, M.H.FISQua. dari KARS melakukan visitasi untuk akreditasi Rumah Sakit Umum (RSU) Sis Aljufri. (ANTARA/HO-Dok RSU Sis Aljufri)
Ketua Tim Surveior KARS dr Mukmin, M.Kes, didampingi dr Cinderella Rieuwpassa, Sp.OG, M.H.FISQua. dari KARS melakukan visitasi untuk akreditasi Rumah Sakit Umum (RSU) Sis Aljufri. (ANTARA/HO-Dok RSU Sis Aljufri)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Rumah Sakit Umum (RSU) Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah, berhasil meraih akreditasi paripurna (bintang lima) yang diberikan oleh lembaga independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

"Rangkaian usaha dan kerja keras dalam pembenahan manajemen dan pelayanan yang dilakukan RSU Sis Aljufri, memberikan hasil yang sangat memuaskan. Alhamdulillah RSU Sis Aljufri berhasil meraih predikat kelulusan paripurna," kata Direktur RSU Sis Aljufri, dr Magfirah Al'amri, di Palu, Jumat.

Magfirah mengatakan, penilaian akreditasi menggunakan standar Kementerian Kesehatan yang dalam teknisnya dilakukan oleh KARS selama tiga hari mulai tanggal 8 Maret 2023, dengan menggunakan metode daring. Kemudian dilanjutkan dengan telusur langsung lapangan, di tanggal 9 dan 10 Maret 2023.

Bertindak sebagai Ketua Tim Surveior KARS dr Mukmin, M.Kes, didampingi dr Cinderella Rieuwpassa, Sp.OG, M.H.FISQua.

Dia mengatakan, survei akreditasi yang dilakukan oleh KARS meliputi telaah dokumen 16 kelompok kerja (Pokja) dimana penilaian yang dilakukan bukan hanya sebatas kelengkapan dokumen, namun juga berlanjut hingga pada telusur implementasi, hal ini untuk memastikan seluruh dokumen yang disiapkan, regulasi yang ditetapkan, memang sejalan dengan implementasi yang dilakukan RS.

"Kemudian dilanjutkan dengan simulasi code blue dimana surveior ingin melihat bagaimana respon staf di lingkungan RS, jika mendapatkan situasi kegawatdaruratan pada pasien/pengunjung di area RS. Tidak hanya itu, surveior juga melakukan penilaian bagaimana respon staf di lingkungan RS, jika terdapat kondisi bencana gempa bumi, termasuk juga menilai kecakapan beberapa individu dalam menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pada simulasi Code Red," ujarnya.

Ia menyebut KARS mengapresiasi komitmen RS Sis Aljufri yang sangat tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Selain itu RS Sis Aljufri dinilai mampu memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan, ditunjang dengan lingkungan RS yang dinilai bersih dan rapi.

Ia menambahkan bahwa RSU Sis Aljufri sejak awal telah bermitra dengan KARS. KARS memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan RSU Sis Aljufri, terutama dalam upaya memaksimalkan mutu dan keselamatan pasien.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])