RPJPD Pati 2025-2045 Fokus Peningkatan Daya Saing

Nusantaratv.com - 23 Januari 2024

Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro pada Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (22/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pati.)
Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro pada Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (22/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pati.)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyebutkan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 fokus untuk meningkatkan daya saing dan pemerataan ekonomi daerah.

"Untuk mewujudkan hal itu, tentunya diperlukan strategi yang tepat melalui berbagai upaya, termasuk penyediaan infrastruktur yang memadai, sumber daya berkualitas, optimalisasi pasar," kata Kepala Bappeda Kabupaten Pati Muhtar saat menggelar Forum Konsultasi Publik RPJPD di Pendopo Kabupaten Pati, Senin.

Selain fokus meningkatkan daya saing dan pemerataan ekonomi daerah, kata dia, Pemkab Pati juga berupaya melakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk pada aspek demografi, geografi, dan pelayanan umum.

Melalui forum konsultasi publik ini, dia berharap, akan mendapat masukan, usulan, dan saran untuk kelengkapan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Pati.  

Hadir dalam forum tersebut, yakni Forkopimda Pati, Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Bappeda se-Eks Keresidenan Pati, kepala organisasi perangkat daerah se-Kabupaten Pati, camat, serta para tamu undangan. 

Melalui isu-isu strategis dalam RPJPD, dia juga bertekad meningkat kualitas hidup masyarakat, penurunan kemiskinan, pemerataan infrastruktur wilayah, tata pemerintahan yang unggul dan adaptif.

Muhtar menambahkan visi RPJPD Kabupaten Pati selaras dengan RPJN dan RPJD Provinsi Jawa Tengah. 

"Visi kita untuk menjadikan Pati yang unggul, sejahtera, bermartabat, dan berkelanjutan. Ini sama dengan visi Indonesia Emas yang berdaulat, maju, berkelanjutan serta visi Jateng yang maju, mandiri, sejahtera, berbudaya, dan berkelanjutan," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dalam paparannya berharap permasalahan dan isu strategis dapat menambah masukan Bappeda dalam menentukan arah kebijakan perencanaan pembangunan di tahun 2025-2045.

"Apa yang kita lakukan ini dapat membawa langkah konkrit untuk 20 tahun ke depan dan Bappeda dapat menampung semua masukan-masukan kemudian dapat disinergikan untuk langkah-langkah pembangunan nantinya," ujarnya. 

Forum konsultasi publik tersebut, merupakan media penyampaian arah kebijakan dan prioritas terkait RPJPD Kabupaten Pati tahun 2025-2045. Melalui forum ini akan diperoleh masukan, usulan, dan saran untuk kelengkapan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Pati.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close