Ritual Pengobatan Ustaz, 3 Pria Hilang Tenggelam di Danau Bogor

Nusantaratv.com - 14 Juli 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tiga pria hilang tenggelam di danau eks tambang atau Danau Quarry di Cigudeg, Kabupaten Bogor. Ketiga korban tenggelam di kala menjalani ritual pengobatan.

"Kejadian tersebut bermula saat korban MDR (20) akan dilakukan pengobatan secara spiritual oleh seorang ustaz di danau tersebut," ujar Kapolsek Cigudeg Kompol Wagiman, Jumat (14/7/2023).

Korban MDR merupakan warga Rumpin, Bogor, yang mengalami gangguan kejiwaan. Pengobatan dilakukan dengan cara menenggelamkan tubuhnya ke danau sebanyak tujuh kali.

"Korban sakit kejiwaan. Pengobatannya dengan cara ditenggelamkan sebanyak tujuh kali, tubuhnya saja sampai kepala, direndam nanti diangkat, terus direndam kembali, sampai tujuh kali," jelas Wagiman.

Nahas, saat sedang menjalani ritual, MDR terpeleset hingga ke tengah danau yang dalamnya 10 meter. MDR yang tak bisa berenang kemudian hilang tenggelam.

"Yang mana korban yang turun ke danau ini didampingi oleh enam orang pemuda. Namun, saat proses pengobatan berlangsung, korban MDR (20) bersama korban lainnya, yakni A (25) dan B (25), tenggelam. Sementara empat orang lainnya yang ikut turun ke dalam danau berhasil menyelamatkan diri," tuturnya.

Sebelumnya, tiga pria dewasa dinyatakan tenggelam di danau eks pertambangan atau danau kuari di Cigudeg, Kabupaten Bogor. Tim SAR gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Damkar dan relawan masih melakukan pencarian.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan ketiga pria korban tenggelam adalah M David Panreza (20), Badrusalam (25) dan Cecep (25). Mereka merupakan warga Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Peristiwa itu terjadi pukul 22.30 WIB, Kamis (13/7/2023). Laporan masuk ke BPBD sekitar pukul 01.30 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close