Ridwan Kamil: Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik

Nusantaratv.com - 25 April 2022

Tol Cisumdawu. (Antara)
Tol Cisumdawu. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jalan tol Cisumdawu seksi 1 sampai 3 mulai bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun ini.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan tol Cisumdawu menghubungkan Cileunyi, Sumedang, sampai Dawuan.

Tol ini juga dapat beroperasi hingga pintu keluar (exit) jalan tol Cimalaka yang merupakan seksi 3 jalan tol Cisumdawu.

"Untuk tol Cisumdawu yang sering ditanyakan media, itu sudah boleh digunakan sampai exit tol Cimalaka," ujar Emil usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Gedung Sate, Jumat (22/4/2022).

Dengan rampungnya tol Cisumdawu, maka pemudik yang akan menuju ke arah Sumedang dan Majalengka tidak perlu lagi melewati Cadas Pangeran dan bisa memanfaatkan tol Cisumdawu hingga ke exit tol Cimalaka.

"Kepada pemudik dari arah Sumedang ke Majalengka tidak perlu lewat Cadas Pangeran, karena bisa langsung ke jalur Cisumdawu. Jalur Cisumdawu sudah boleh digunakan sampai exit tol Cimalaka. Itu kabar baiknya," jelasnya.
    
Sebelumnya, jalan tol Cisumdawu hanya bisa digunakan di seksi I yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan di musim mudik tahun ini.

Ini karena Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan kontraktor masih mencoba mengatasi sejumlah kejadian longsor di beberapa ruas tol Cisumdawu.

Sementara, peresmian seluruh seksi tol Cisumdawu baru akan dilakukan pada Juni 2022 mendatang.

Tol Cisumdawu terdiri dari beberapa seksi. Exit tol Cimalaka sendiri masuk ke dalam seksi tiga jalan tol Cisumdawu.

Seksi 1 meliputi Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,40 km, seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,050 km, dan seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 km.

Lalu, seksi 4 nantinya Cimalaka-Legok, dan seksi 5 Legok-Ujungjaya, serta seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close