Ribuan Warga di Surabaya Mendapatkan BLT Dari Dana Penerimaan Pajak Tembakau

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Seorang warga saat mengambil bantuan lansung tunai BLT di Balai Kota Surabaya pada Senin (21/11/2022) (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)
Seorang warga saat mengambil bantuan lansung tunai BLT di Balai Kota Surabaya pada Senin (21/11/2022) (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Ribuan penduduk miskin dan pekerja rokok di Kota Surabaya, Jawa Timur, menerima bantuan langsung tunai (BT) dan modal ventura dari Fund for Tobacco Revenue Tax Revenue (DBHCHT) pada 2022.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin di Surabaya, Selasa, mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 2/PMK.07/2022 dan Perwali Surabaya, DBHCHT diberikan dalam dua bentuk bantuan BLT dan modal ventura.

"BLT diberikan kepada buruh pabrik rokok serta masyarakat yang masuk kategori warga miskin maupun warga yang masuk data kemiskinan ekstrem di Surabaya," kata Anna.

Anna mengatakan, penyaluran BLT dan bantuan modal dilakukan di Balai Kota Surabaya, Senin (21/11).

BLT dari DBHCHT tersebut diberikan kepada total 12.026 penerima BLT yang terdiri dari 3.582 karyawan pabrik rokok KTP Surabaya dan 8.444 lainnya yang merupakan anggota keluarga miskin dari data kemiskinan ekstrem.

"BLT Rp300 ribu setiap bulannya. Bantuan ini diberikan dalam waktu tiga bulan, jadi semua mendapat total Rp900 ribu," kata Anna.

Selain BLT, Anna menyebutkan, DBHCHT juga diberikan kepada masyarakat untuk pemberdayaan ekonomi berupa modal ventura.

Ada enam kategori upaya yang mencari bantuan dari DBHCHT. Kategori upaya ini diambil dari proposal publik yang ada dalam aplikasi padat pekerjaan.

"Kami telah menyinkronkan data, dengan data keluarga miskin. Ada sebanyak 650 penerima bantuan modal ventura. Penerimanya adalah keluarga miskin yang telah diusulkan melalui program yang solid," katanya.Anna

juga mengatakan, 650 penerima bantuan modal ventura dari DBHCHT dibagi menjadi enam kategori dengan rincian, 120 adalah penerima modal ventura kopi di sekitarnya, 160 toko dan 50 binatu, 100 menjahit, 120 warung kopi (Warkop), dan 100 pencucian motor.

"Jadi, enam jenis usaha ini juga merupakan saran dari masyarakat yang ada dalam program karya yang padat. Ini harapan semua bisa berdaya dan berteman," kata Anna.

Ia menambahkan, untuk kategori bantuan modal ventura, diberikan kepada penerima dalam bentuk barang. Sedangkan untuk BLT, diberikan secara tunai. Bantuan BLT ini disalurkan mulai Selasa ini di masing-masing kecamatan se-Surabaya.

"Penyaluran BLT melalui Bank Jatim berada di wilayah aman. Jadi salurannya menggunakan virtual account, jadi Bank Jatim datang dan diberikan secara tunai," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close