Ribuan Santri di Musi Rawas Ikuti Upacara Peringatan HSN Tahun 2022

Nusantaratv.com - 23/10/2022 08:29

Ribuan santri di Musi Rawas saat mengikuti upacara peringatan hari santri nasional tahun 2022.
Ribuan santri di Musi Rawas saat mengikuti upacara peringatan hari santri nasional tahun 2022.

Penulis: Nofi Ardiyanto | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada Sabtu (22/10/2022) terpantau sangat meriah.

Ribuan santriwan dan santriwati dari puluhan pondok pesantren dan siswa madrasah serta perwakilan sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam di kabupaten Musi Rawas juga mengikuti upacara peringatan hari santri tahun 2022.

Kegiatan yang digelar di lapangan pondok pesantren Riyadhus Sholihin kecamatan Megangsakti Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan diikuti oleh sedikitnya 3000 orang peserta.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkompinda, seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala SKPD dan dari Jajaran Lembaga Islam di kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam upacara HSN peserta laki-laki mengenakan baju koko dengan memakai peci dan untuk peserta perempuan mengenakan baju putih dengan bawahan rok atau kain batik 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Musi Rawas H. Hermadi mengatakan, peringatan HSN ini menjadi momentum yang baik untuk meneguhkan dan mempertegas posisi santri. 

“Santri tetap memposisikan diri pada posisi yang startegis,” ucap H. Hermadi.

Ia menambahkan Hari Santri Nasional tahun ini bertema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, momentum Hari Santri ini kata H. Hermadi, Diharapkan sosok santri tidak hanya ahli ilmu agama tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Pada momentum Hari Santri ini diharapkan Santri tidak melupakan tugas utamanya untuk menjaga agama yang memiliki tujuan utama untuk memuliakan manusia, juga bukan untuk merendahkan martabat kemanusiaan" Imbuh H. Hermadi.

Ketua pelaksana, Miswanto didampingi Makin Munir Pengasuh Pondok pesantren Riyadhus Sholihin mengatakan, Secara khusus ia berharap, seluruh santri dapat memberikan kontribusi yang positif untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Di upacara HSN ini, saya melihat anak-anak begitu semangatnya memperingati Hari Santri,” katanya.

Terlebih dalam peringatan hari santri ini harus bisa memberikan pesan kepada masyarakat agar meniadakan hoax, ujaran kebencian serta perilaku-perilaku yang mengarah untuk mendiskreditkan pihak tertentu hanya karena kepentingan- kepentingan politik.

“Maraknya hoax, polarisasi, simpati politik, hingga terorisme. Diharapkan santri semakin vokal untuk menyuarakan kedamaian,” pungkasnya.

Hadir juga Bupati Musi Rawas diwakilkan Kabag Kesra H. Depi, Siswanto, Kepala kantor Kemenag Mura H. Hermadi, S.Ag., M.Si dan jajaran'y Kasubag, KASI, dan KUA se Kabupaten Musi Rawas, Ketua MUI Mura KH. Imam Asfali, Ketua FKUB Mura KH.Misbahul Arifin, Ketua FORPES Mura Ky Heri Subekti, Ketua PC NU Mura Ky. Utsman Syafi'i, Hj.Sukini Ketua Muslimat Mura, Camat Megang Sakti, Kapolsek Megang Sakti, Danposramil Megang sakti.

Meski sempat tertunda karena diguyur hujan deras, upacara peringatan HSN tahun 2022 di kabupaten Musi Rawas dimeriahkan oleh penampilan bakat dan koreografi santriwan dan santriwati pondok pesantren Riyadhus Sholihin dan di akhir acara, upacara ditutup dengan penampilan atraksi kesenian sejumlah santri serta pemotongan tumpeng oleh para tokoh agama yang hadir.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in