Ribuan Prajurit TNI AD Turun Tangan Bantu Penanganan Gempa Cianjur

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Prajurit TNI AD. (Net)
Prajurit TNI AD. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto mengungkapkan pihaknya telah menerjunkan lebih dari 2.400 personel TNI AD ke Cianjur. Mereka ditugaskan mempercepat penanganan gempa Cianjur.

"Personel juga kita tambah, supaya lebih cepat. Kita kemarin 2.400 lebih. Hari ini mungkin kita akan tambah lagi supaya lebih cepat penanganannya," ujar Letjen TNI Agus Subiyanto usai acara rapat paripurna TMMD ke-43 di Mabes TNI AD Kamis (24/11/2022).

TNI AD terus melakukan pencarian serta evakuasi korban gempa Cianjur. Juga mendirikan tenda pengungsian, dapur lapangan.

"Update Cianjur kita sekarang kebetulan Bapak Kasad dengan Bapak Menhan ke sana, kita juga buka dapur lapangan, beberapa dapur lapangan, ada 10, kemungkinan bertambah lagi hari ini," kata dia.

"Kemudian juga tenda-tenda kesehatan, tenda-tenda pengungsian, dan kita masih melaksanakan pencarian kepada masyarakat yang hilang dengan menggunakan anjing pelacak juga, kita kerahkan," sambungnya.

Sementara, TNI AD akan melakukan pemulihan fisik dan non fisik penanganan gempa Cianjur. Program tersebut nantinya menjadi bagian dari Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"(Cianjur) bisa (menjadi sasaran TMMD). Makanya kita ada 2 sasaran. Sasaran fisik dan non fisik," jelas dia.

Untuk pemulihan fisik sendiri, kata Agus bakal membangun sejumlah infrastruktur di Cianjur. Sementara untuk pemulihan non fisik pihaknya bakal memberi penyuluhan bagi warga agar terhindar dari ancaman bencana.

"Infrastruktur, pembangunan RPLH kita ada, Rutilahu (rumah tidak layak huni) kita bangun juga, dan sebagainya," kata Agus.

"Yang non fisik kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat supaya ramah lingkungan. Kalau di daerah selatan itu biasanya longsor dan banjir. Masyarakat kita galakan untuk menanam pohon," sambungnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])