Ribuan CCTV Pantau Keamanan G20 Bali

Nusantaratv.com - 26 Mei 2022

CCTV. (Net)
CCTV. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polri menyiapkan 1.431 titik kamera pengawas atau CCTV yang terintegrasi guna memantau keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Ribuan CCTV juga disiapkan guna mendukung penyelenggaraan Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra menjelaskan, seluruh rekaman CCTV akan dipantau dari fasilitas 91 Command Center ITDC yang telah rampung dibangun.

"Itu tidak hanya melihat fitur-fitur CCTV saja, tapi juga melihat kesiapan untuk mendukung pengamanan kegiatan Sidang PBB ini baik segi kebencanaan maupun keamanan dan lainnya," ujar Putu, Rabu (25/5/2022).

Putu menjelaskan, terdapat tiga pelabuhan penyeberangan, satu pelabuhan logistik, satu Bandara Internasional Ngurah Rai dan satu terminal tipe A yang menjadi fokus pemantauan oleh kepolisian.

Lalu, sejumlah tujuan wisata lain hingga seluruh jalur jalan tol yang menjadi rute para Delegasi turut dipantau. Command center itu menyiapkan fasilitas monitoring drone, monitoring GPS Ranmor Patroli, monitoring Body Worm Camera, monitoring situasi dari udara dengan Drone, dashboard Polisiku, Dashboard 110 dan SOT Presisi.

Fasilitas tersebut, kata dia, juga mempersiapkan penanganan bencana alam dan tsunami di wilayah Bali. Beberapa fitur seperti info cuaca BMKG, informasi bencana alam dan tsunami seluruh Indonesia yang dipantau secara real time, inarisk BNPB, monitoring kecepatan angin, pasang surut air dan tinggi gelombang, video SOP evakuasi bencana gempa dan tsunami di kawasan Wisata Nusa Dua Bali.

Ia mengungkapkan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah melakukan pemantauan terhadap kesiapan pengamanan jelang KTT G20 tersebut.

Deputy Sekertaris Jenderal PBB, Amina J. Mohhame, kata dia tak meragukan kesiapan Korps Bhayangkara saat melakukan pengamanan kegiatan internasional itu. Indonesia, kata dia, pernah melaksanakan kegiatan bersama PBB di Bali.

Diketahui, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah atau presidensi G20 2022 melalui proses serah terima dalam KTT Roma, Italia pada Oktober 2021 lalu. Kegiatan itu akan dihelat kembali di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

Beberapa negara anggota akan hadir ke Indonesia, termasuk Amerika Serikat. Indonesia juga mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close