Riau Usulkan Rp29 Miliar Alokasi Anggaran Permakanan Anak Panti

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. ANTARA/HO-Diskominfotik Riau
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution. ANTARA/HO-Diskominfotik Riau

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Riau telah mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp29 miliar untuk permakanan bagi anak panti, penyandang disabilitas dan lansia terlantar pada tahun 2023 kepada 98 lembaga yang mengelola para penyandang masalah sosial tersebut.

"Siapapun yang memberikan perhatian kepada anak panti, disabilitas dan lansia terlantar, adalah sebuah ibadah yang pada akhirnya nanti Allah SWT yang akan membalasnya. Mereka berhak mendapatkan kehidupan yang layak sebagaimana kehidupan masyarakat pada umumnya," kata Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, kebijakan peduli kepada dasar pelaksanaan kegiatan ini ialah UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, UU Nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin. Berikutnya Peraturan Gubernur Riau Nomor 9 Tahun 2021 tentang pedoman belanja dan belanja bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

Edy Natar mengatakan, pihaknya bersama jajaran DPRD Provinsi Riau berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik demi membantu memenuhi kebutuhan anak, disabilitas dan lanjut usia terlantar di dalam panti.

"Kami menyadari, mereka yang saat ini diasuh oleh lembaga kesejahteraan sosial adalah titipan Allah SWT, serta menjadi tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Dia berpesan kepada ketua forum dan pengurus LKSA se-Provinsi Riau untuk terus memperhatikan anak anak yatim, disabilitas, dan lanjut usia yang saat ini berada di naungan Lembaga Kesehatan Sosial (LKS).

"Mohon diberikan perhatian terbaik kepada anak-anak kita, kaum disabilitas dan lanjut usia. Karena, mereka berhak mendapatkan kehidupan yang layak, sebagaimana kehidupan masyarakat pada umumnya," pesan Wagub Edy Natar.

Selain itu, pihaknya menyatakan upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak ini adalah sebuah ibadah dan dalam rangka menyelamatkan anak yatim dan orang orang terlantar juga masyarakat yang tidak mampu.

"Dengan dasar ini pulalah, pemerintah memberikan perhatian. Karena pada dasarnya ini adalah sebuah ibadah yang pada akhirnya nanti Allah yang akan membalas," katanya.

Selain mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang sudah memberikan begitu banyak kontribusi tenaga, pikiran juga upaya untuk menyelesaikan anak anak terlantar ini. Wagub juga mengajak pihak terkait untuk terus mempererat kerjasama yang telah terjalin.

"Mari kita bekerja sama, bapak ibu berada di lapangan dan kami di pemerintahan untuk bersama sama melakukan terbaik yang bisa kita lakukan," ajak Wagub Edy Natar.

Dia juga menyambut baik baik dengan dilaksanakannya rakor ini, sehingga banyak hal yang bisa dibicarakan.

"Rapat - rapat seperti ini adalah hal yang baik, yang bisa nanti memberikan kontribusi dan bertukar pemikiran suatu hal yang positif. Inilah tujuan kita untuk melaksanakan rakor pada pertemuan ini," ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Tengku Zul Effendi pada tahun 2022 Pemrov Riau sudah menyalurkan bantuan makanan kepada 81 Panti Anak sebanyak 3.269 orang, 3 panti disabilitas sebanyak 94 orang, 1 panti lansia sebanyak 10 orang dan berjumlah sebanyak 3.373 orang dengan total bantuan Rp24,17 miliar.

"Bantuan penerimaan ini secara teknis diperuntukkan untuk membeli kebutuhan makanan untuk anak-anak panti, dengan jumlah rincian bantuan diberikan nominalnya Rp20.000/orang/hari selama 365 hari dalam setahun. Jika dalam satu panti itu, penghuninya banyak, otomatis panti asuhan yang memiliki banyak penghuni tersebut mendapatkan bantuan lebih banyak.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close