Relawan PMI Sukabumi Terjun ke Cianjur Untuk Membantu Penanganan Gempa

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Relawan PMI Kabupaten Sukabumi yang dikirim ke Kabupaten Cianjur untuk membantu proses penanggulangan bencana gempa. Antara/Aditya Rohman
Relawan PMI Kabupaten Sukabumi yang dikirim ke Kabupaten Cianjur untuk membantu proses penanggulangan bencana gempa. Antara/Aditya Rohman

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten dan Kota Sukabumi, Jawa Barat terjerumus ke Kabupaten Cianjur, Jabar untuk membantu penanganan pascagemp.
 
"Kami mengirim tujuh personel ke Kecamatan Cianjur, beberapa di antaranya adalah tenaga medis dan mengerahkan armada ambulans," kata Kepala PMI Distrik Sukabumi Hondo Suwito di Sukabumi, Selasa.
 
Menurut Hondo, untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak pascagempa, pihaknya telah membagi tim untuk melakukan berbagai aksi kemanusiaan di wilayah Sukabumi dan Cianjur.
 
Relawan yang ditugaskan di Cianjur telah berkoordinasi dengan PMI Kecamatan Cianjur untuk memastikan aksi kemanusiaan yang dilakukan di lokasi bencana terarah.

"Para relawan telah cuti sejak Senin sore ke Cianjur dan saat bertugas membantu evakuasi dan memberikan pertolongan pertama kepada korban bencana," katanya.
 
Sementara itu, kepala PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan pihaknya mengirimkan 15 personelnya sebagai bentuk dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk membantu penanggulangan bencana gempa yang meluluhlantakkan sebagian wilayah Cianjur.
 
Personel yang dikirim ke lokasi gempa di Cianjur dilengkapi dengan helm resque, tas kit pertolongan pertama, peralatan medis lapangan, tandu, tas tubuh dan peralatan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan ambulans dan mobil terbuka untuk membantu evakuasi para korban.
 
"Personel yang diberangkatkan ke Cianjur tadi juga sudah melakukan penilaian di wilayah Kota Sukabumi. Di Kantor Pusat PMI di Kota Sukabumi masih ada relawan yang bersiaga membantu masyarakat yang terdampak gempa," katanya.
 
Sebelumnya, BMKG melepaskan gempa dengan magnitudo 5,6 yang terletak di 84 LS,107,05 mi, 10 km barat daya Kabupaten Cianjur pada kedalaman 10 km. Gempa tersebut bukanlah potensi tsunami, namun getarannya dirasakan ke berbagai daerah.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close