Rekomendasi Rakernas: PDIP Minta Kader Dukung Jokowi Damaikan Dunia

Nusantaratv.com - 08 Juni 2023

Rakernas III PDI Perjuangan.
Rakernas III PDI Perjuangan.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan mendukung penuh upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengambil inisiatif perdamaian dunia atas berbagai persoalan geopolitik. 

Hal itu sebagaimana salah satu poin dalam rekomendasi eksternal dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP. 

Rekomendasi eksternal tersebut dibacakan oleh Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani dalam penutupan Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023). 

Hadir secara langsung juga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, kemudian Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo. 

Puan membacakan satu persatu poin rekomendasi eksternal Rakernas PDIP yang jumlahnya ada 17. Poin soal dorongan untuk mendukung pemerintah soal perdamaian dunia atas berbagai persoalan geopolitik berada di poin nomor 2. 

"Rakernas III Partai mendukung sepenuhnya upaya Pemerintahan Presiden Joko Widodo di dalam mengambil inisiatif perdamaian dunia atas berbagai persoalan geopolitik seperti Perang Rusia-Ukraina, ketegangan di Laut Tiongkok Selatan, konflik di Timur Tengah, dan berbagai persoalan geopolitik lainnya," kata Puan saat membacakan poin rekomendasi eksternal Rakernas. 

Ia melanjutkan, bahwa terkait dengan upaya tersebut, pelaksanaan politik kuar negeri bebas aktif dan kepemimpinan Indonesia di berbagai forum intenasional, termasuk presidensi G-20, akan menjadi modal yang sangat penting. 

"Berkaitan dengan hal tersebut pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif, dan legitimisasi kepemimpinan Indonesia melalui Konferensi Asia Afrika (KAA), Gerakan Non Blok (GNB), Conference of the new Emerging Forces (CONEFO), keberhasilan kepemimpinan di G20, dan keketuaan di ASEAN menjadi modal yang sangat penting," ujarnya. 

Ia menambahkan, PDIP menilai jika adanya semangat dasa sila Bandung hingga Gerakan Non-Block (GNB) akan selalu relevan untuk membangun tata dunia baru. 

"PDI Perjuangan berpendapat bahwa Spirit Dasa Sila Bandung dan GNB selalu relevan di dalam membangun tata dunia baru," tuturnya. 

Adapun dalam poin nomor 3, lanjut Puan, disebut jika PDIP mendorong pemerintah untuk memperkuat Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) sebagai pusat penggemblengan calon pemimpin bangsa atas cara pandang Geopolitik Bung Karno.  

"Rakernas III PDI Perjuangan mendorong pemerintah untuk memperkuat Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) sebagai pusat penggemblengan calon pemimpin bangsa atas cara pandang Geopolitik Bung Karno. Lemhannas juga harus dikembangkan sebagai pusat kajian kebijakan strategis nasional, khususnya kebijakan luar negeri dan pertahanan, serta hal-hal yang berkaitan dengan upaya membangun ketahanan nasional Indonesia. Dengan kajian strategis tersebut diharapkan ke depan, seluruh inisiatif perdamaian telah melalui kajian mendalam sesuai prinsip-prinsip politik luar negeri bebas aktif agar tidak menimbulkan berbagai kontroversi yang bisa menurunkan harkat dan martabat bangsa di dunia internasional," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])