Rayakan HUT ke-23 Kota Banjarbaru Fokus Membangun sebagai Ibu Kota Kalimantan Selatan

Nusantaratv.com - 20 April 2022

Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin/ist
Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Tahun 2022 menjadi tahun yang istimewa dan bersejarah bagi Kota Banjarbaru. Karena tepat di hari jadi ke-23 Kota Banjarbaru akan berubah status menjadi ibu kota Kalimantan Selatan. 

Diketahui, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang tentang Provinsi Kalsel yang telah disahkan DPR RI, dinyatakan ibu kota Kalsel dipindahkan dari Banjarmasin ke Banjarbaru. 

Pada puncak hari jadi ke-23 Kota Banjarbaru, DPRD Kota Banjarbaru menggelar Rapat Paripurna, Rabu (20/4/2022). 

Rapat dihadiri seluruh anggota dewan, Dandim 1006 Banjar, Kepala Kejaksaan Banjarbaru, Ketua Pengadilan Banjarbaru, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru, Sekda Kota Banjarbaru dan para tamu undangan lainnya. 

Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, mengatakan, menginjak usia ke 23 tahun, Kota Banjarbaru sudah banyak menunjukkan kemajuan dengan segala potensi dan pembangunan kota yang berkualitas di segala bidang. 

Meski sekitar dua tahun lamanya ada dalam kondisi pandemi Covid-19, akselerasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru mendapatkan penilaian baik dengan diperolehnya penghargaan di sepanjang 2021. 

Capaian yang diraih Pemkot Banjarbaru, diantaranya, penghargaan dari Menteri Dalam Negeri yang diraih Dukcapil Bisa, Best Figure Excellence kategori Kepala Daerah dari Seven Media.

Kemudian, Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Berdasarkan Hasil Penilaian Ombusman RI, Perencanaan Pembangunan Daerah 10 Kota Terbaik Tingkat Nasional yang diberikan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas dan masih banyak lagi. 

"Di usia yang ke-23 ini harus dijaga marwah dan pembangunan lebih signifikan lagi agar Kota Banjarbaru layak menjadi kota masa depan," ujarnya.

Menurut Aditya, sesuai dengan visi misi Kota Banjarbaru, yaitu Banjarbaru Juara (Maju, Agamis dan Sejahtera). 

Meski masih dalam kondisi pandemi, lanjutnya, tidak mengurangi sedikit pun semangat dari Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-23. 

Banyaknya capaian serta prestasi yang sudah diraih serta pembangunan yang telah dilaksanakan Pemkot Banjarbaru. Tentunya hal ini harus juga didukung seluruh element yang ada di Kota Banjarbaru.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa sama-sama membangun dan merawat pembangunan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan bersama-sama," ucapnya. 

Dengan tujuan demi kesejahteraan masyarakat, Wali Kota Aditya mengatakan, prioritas di tahun 2022 hingga 2023 pihaknya akan merevisi tata ruang wilayah atau RTRW yang ujungnya akan lebih detail lagi. 

Hal tersebut disesuaikan dengan keperluan daerah dan menyesuaikan Kota Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan dan penyangga Ibu Kota Negara yang baru. 

"Sekarang dalam tahap penyusunan, kami mohon doa dan dukungan agar sesuai target 2023 RTRW yang baru. Dan Insya Allah di 2024 akan ada RDTL yang akan dilaunching," ungkap Aditya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Banjarbaru, Fadliansyah Akbar, mengatakan, di usia Kota Banjarbaru yang ke-23 tahun sudah banyak pembangunan yang dilaksanakan.

"Semua ini tentunya tidak lepas dari kepemimpinan terdahulu dan kami ucapkan terima kasih serta apresiasi pembangunan masih bisa dirasakan dan akan terus berlanjut," ujar Fadliansyah.

Ia berharap ke depan seluruh pemangku kepentingan di Kota Banjarbaru akan semakin kompak dalam membangun, sehingga bisa lebih maju dan lebih baik.

Ditegaskan, target ke depan fokus dalam menyiapkan Kota Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. (dari berbagai sumber) 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close