Rawan Bentrokan, Massa Pro dan Kontra Hasil Pemilu 2024 Sama-sama Unjuk Rasa di Depan KPU

Nusantaratv.com - 20 Maret 2024

Massa pro hasil Pemilu 2024 membentangkan spanduk bertuliskan dukungan untuk KPU dan Bawaslu/ist
Massa pro hasil Pemilu 2024 membentangkan spanduk bertuliskan dukungan untuk KPU dan Bawaslu/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dua kelompok massa dari kubu yang menolak dan menerima hasil Pemilu 2024 berunjuk rasa di depan Kantor KPU RI, jelang pengumuman pemenang Pilpres dan Pileg 2024 oleh KPU, Rabu (20/3/2024).

Massa yang pro dan kontra tersebut rawan bentrokan mengingat hari ini adalah hari yang sangat menentukan dalam rangkaian proses Pemilu 2024. 

Massa kedua kubu yang masing-masing berjumlah ratusan dan membawa dua mobil komando mulai berdatangan di lokasi sekitar pukul 15.20 WIB.

Kedua kubu menempati lokasi aksi yang berlawanan. Massa penolak hasil Pemilu 2024 berunjuk rasa di sekitar simpang Jalan Imam Bonjol ke arah Menteng.  

Mereka menilai Pemilu 2024 penuh kecurangan dan banyak melanggar aturan.

"Tolak pemilu curang, tolak pemilu curang," teriak orator.

Pada jarak yang relatif tak terlalu jauh dan berlawanan dari massa penolak hasil pemilu, massa pendukung Pemilu 2024 juga berunjuk rasa di depan KPU dari arah bundaran HI.

Massa yang pro dan kontra itu dipisahkan oleh barikade beton dan sejumlah aparat kepolisian yang berjaga di lokasi.

Tampak di sekitar kantor KPU berjaga sejumlah mobil pemadam kebakaran, pengurai massa, water cannon, hingga kendaraan taktis.

Tak hanya itu, sejumlah personel kepolisian dengan seragam anti huru-hara lengkap serta anggota TNI juga bersiaga di lokasi.

KPU sendiri berencana mengumumkan hasil pemilu setelah buka puasa.

Berdasarkan data hasil rekapitulasi KPU Pilres pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul di 35 provinsi, kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menang di dua provinsi. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kalah di seluruh provinsi yang sudah melakukan rekapitulasi.

Proses rekapitulasi KPU Pilpres masih menyisakan satu provinsi lagi yakni Papua. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close