Ratusan Pemukim Israel Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa

Nusantaratv.com - 26 Mei 2023

Sejumlah kelompok Israel memang menyerukan lebih banyak penyerbuan ke kompleks Masjid Al-Aqsa dalam rangka perayaan Shavuot Yahudi pada Kamis dan Jumat ini. (Anadolu Agency)
Sejumlah kelompok Israel memang menyerukan lebih banyak penyerbuan ke kompleks Masjid Al-Aqsa dalam rangka perayaan Shavuot Yahudi pada Kamis dan Jumat ini. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ratusan pemukim Israel pada Kamis (25/5/2023) menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur dengan pengawalan ketat kepolisian untuk menandai hari libur Yahudi.

Dalam pernyataannya, Departemen Wakaf Islam di Yerusalem mengatakan 252 pemukim Israel itu masuk ke halaman Masjid Al-Aqsa melalui Gerbang Mughrabi di sebelah Barat masjid tersebut.

Melansir Anadolu Agency, Jumat (26/5/2023), sejumlah kelompok Israel memang menyerukan lebih banyak penyerbuan ke kompleks Masjid Al-Aqsa dalam rangka perayaan Shavuot Yahudi pada Kamis dan Jumat ini.

Departemen Wakaf Islam itu menambahkan polisi Israel juga membatasi masuknya warga Palestina sejak sholat subuh. Sejak 2003, Israel telah mengizinkan pemukim memasuki kompleks tersebut hampir setiap hari.

Kompleks Masjid Al-Aqsa sendiri sebenarnya merupakan situs suci bagi tiga agama, yakni Islam, Yahudi, dan Kristen. Umat Yahudi menyebut kompleks itu sebagai Temple Mount, mengklaim itu adalah situs dua kuil Yahudi kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur saat Perang Arab-Israel pada 1967. Mereka kemudian mencaplok keseluruhan Yerusalem pada 1980, suatu langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])