Ratusan Hewan Ternak di Sumut Diduga Terjangkit PMK

Nusantaratv.com - 13 Mei 2022

Ilustrasi. (Antara)
Ilustrasi. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Penyakit mulut dan kuku (PMK) diperkirakan turut menyerang hewan ternak di Sumatera Utara (Sumut). Tercatat sebanyak 598 ekor ternak yang tersebar di Deliserdang dan Langkat diduga terjangkit PMK.

"Kita menyikapi informasi PMK yang menyerang ternak kerbau, sapi, domba kambing dan babi. Ada dua kabupaten di Sumut. Tapi masih diduga. Ciri cirinya yang disampaikan itu nanti kita pelajari, " ujar Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Jumat (13/5/2022).

Menurut dia, sampel darah ratusan ternak yang diduga terjangkit PMK ini telah dikirim ke laboratorium di Surabaya. Sampel akan diuji guna memastikan apakah ratusan ternak tersebut positif terpapar PMK.

"Sudah dikirim ke Surabaya 500 lebih sampel darah. Tanggal 8 Mei nanti kemungkinan hasilnya akan kita terima dari laboratorium yang ada di Surabaya," kata Edy.
   
Ia menjelaskan, ratusan ternak yang diduga terpapar tak ada yang mati serta saat ini masih diisolasi. Edy pun mengimbau agar masyarakat tidak panik. Karena penyakit ini tidak menular ke manusia dan tidak pula menular ke hewan lainnya.

"Kita dengar bahwa ini belum ada yang mati di Sumut. Tapi tak boleh dianggap enteng. Ini antisipasi. Rata rata sembuh berarti bisa diobati untuk tidak berkembang. Jadi ini tidak menular ke binatang lain dan tidak menular ke manusia," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close