Ratu Denmark Positif Covid-19 Usai Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Nusantaratv.com - 22 September 2022

Ratu Denmark Margrethe II (tengah) berada di Westminster Abbey di antara anggota keluarga kerajaan lainnya saat pemakaman Ratu Elizabeth II. (Ben Stansall/Reuters)
Ratu Denmark Margrethe II (tengah) berada di Westminster Abbey di antara anggota keluarga kerajaan lainnya saat pemakaman Ratu Elizabeth II. (Ben Stansall/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ratu Denmark Margrethe II dinyatakan positif Covid-19 satu hari setelah menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II di London, Inggris.

Pihak istana kerajaan Denmark mengonfirmasi kondisi kesehatan Ratu Margrethe II tersebut. Dalam pernyataannya, keluarga kerajaan Denmark mengatakan Ratu Margrethe II telah membatalkan semua kegiatan resminya setelah tes pada Selasa (20/9/2022) malam waktu setempat. 

Ratu Margrethe (82), yang telah bertahta selama 50 tahun itu, termasuk di antara pejabat yang menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey London, Inggris, pada Senin (19/9/2022). 

Dia duduk di sebelah putra sulungnya, pewaris takhta Putra Mahkota Frederick selama kebaktian, dan juga terlihat berjalan ke biara bersama Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Raja Swedia Carl Gustav XVI dan Ratu Silvia, serta Ratu Spanyol Letzia. 

Pihak istana kerajaan Denmark mengatakan Frederik dan istrinya, Putri Mahkota Australia Mary, akan menggantikan tempat ratu dengan mengadakan makan malam dengan pejabat pemerintah Denmark dan anggota parlemen di Istana Christiansborg Kopenhagen, pada pekan ini.

Ratu Margrethe II sebelumnya dinyatakan positif terkena virus corona pada Februari. Pada saat itu, istana mengatakan dia telah menerima tiga dosis vaksin Covid-19. Pemerintahan setengah abad Ratu Margrethe II menjadikannya raja terlama di Eropa setelah kematian Ratu Elizabeth (96), yang memerintah selama 70 tahun pada 8 September.

Guna menghormati mendiang raja Inggris, Ratu Margrethe II telah meminta pengadilannya untuk menyesuaikan program 10-11 September untuk peringatan ulang tahunnya yang ke-50.

Di antara acara yang dibatalkan dalam waktu singkat adalah muncul di balkon Istana Amalienborg untuk menyambut simpatisan dan naik kereta kuda melalui Kopenhagen. Margrethe II diproklamasikan sebagai ratu pada 15 Januari 1972, satu hari setelah ayahnya, Raja Frederik IX, meninggal setelah sakit singkat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])