Quick Count Cuma Dapat Suara 3 Persen, Partai Anak Jokowi Masih Yakin Mimpi Masuk DPR Terwujud

Nusantaratv.com - 16 Februari 2024

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie (tengah). (Antara)
Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie (tengah). (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Meski hasil final quick count mayoritas lembaga menunjukkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meraih suara hanya sekitar 3 persen, partai politik pimpinan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu masih optimis lolos ke Senayan. 

DPP PSI masih yakin bakal menembus ambang batas parlemen yakni 4 persen. Ini disampaikan mencermati rekapitulasi hasil pemungutan suara legislatif Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). 

"Hasil perolehan suara di tingkat TPS mulai masuk, hasilnya menggembirakan sejalan dengan hasil survei internal PSI dan survei lembaga-lembaga kredibel seminggu menjelang pencoblosan, yang menyatakan bahwa PSI akan tembus ke senayan dengan perolehan suara 5-6 persen pada Pemilu 2024," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, Jumat (16/2/2024).

Grace juga menanggapi hasil hitung cepat beberapa lembaga yang menunjukkan PSI masih di angka sekitar 3 persen. Menurut dia, ada kemungkinan hasil quick count meleset. 

"Hasil hitung cepat adalah metode yang juga dijadikan acuan oleh PSI untuk memantau pergerakan dan perolehan suara. Yang harus diketahui publik, hitung cepat memiliki margin error dan PSI masih dalam rentang margin error, apalagi di hitung cepat internal PSI menunjukkan hasil 4.2 persen jadi masih aman dan meyakinkan PSI akan lolos ke Senayan," tuturnya. 

DPP PSI, kata Grace, menginstruksikan caleg dan pengurus untuk terus mengawal suara di TPS hingga tingkat kecamatan. Pada lima hari pertama merupakan saat yang menentukan guna memastikan langkah PSI ke Senayan.

Terlebih, data terakhir menunjukkan PSI sudah menjadi partai ketiga terbesar perolehan suaranya di DKI Jakarta.

"Perolehan suara di DKI Jakarta seharusnya juga berbanding lurus dengan perolehan suara PSI di seluruh Indonesia," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close