Putra Mahkota Arab Saudi dan Sekjen PBB Bahas Yaman via Telepon

Nusantaratv.com - 14 April 2022

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon dari Sekjen PBB Antonio Guterres. (Reuters)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon dari Sekjen PBB Antonio Guterres. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada Kamis (14/4/2022) pagi waktu setempat.

Dikutip dari Al Arabiya, Kamis (14/04/2022), Guterres mengungkapkan rasa terima kasihnya atas upaya Kerajaan dalam mencapai gencatan senjata antara pihak-pihak yang bertikai di Yaman.

Guterres juga memuji upaya Arab Saudi untuk mencapai solusi politik atas perang di Yaman yang telah berkecamuk sejak 2014. Percakapan itu terjadi setelah utusan PBB untuk Yaman yakni Hans Grundberg menyampaikan pidato di ibukota Yaman Sanaa, yang diadakan oleh milisi Houthi yang didukung Iran.

Grundberg menyerukan 'keterlibatan serius' untuk menegakkan gencatan senjata antara Koalisi Arab dan Houthi. Kedua belah pihak sepakat untuk gencatan senjata pada awal April, menargetkan pada bulan suci Ramadhan.

"Sementara kita melihat gencatan senjata berlaku secara luas, kita juga perlu memperhatikan tantangannya," kata diplomat Swedia itu pada Rabu (13/4/2022).

"Kami mengandalkan komitmen berkelanjutan dari para pihak dan keterlibatan serius dalam menegakkan gencatan senjata," tambahnya.

Pekan lalu, Presiden Yaman menyerahkan kekuasaannya kepada dewan kepemimpinan baru yang bertugas mengadakan pembicaraan damai dengan Houthi.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk Arab lainnya membentuk Koalisi Arab untuk campur tangan dalam perang saudara Yaman pada 2015, setelah pertempuran pecah tahun sebelumnya. (Annissya Chusnul Khotimah)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close