Putin Tak Akan Ucapkan Selamat Tahun Baru 2023 pada Biden dan Macron

Nusantaratv.com - 31 Desember 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru 2023 kepada para pemimpin negara yang tidak bersahabat.

Hal itu dikatakan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (31/12/2022).

Pemimpin yang dinilai Moskow tidak bersahabat termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Peskov mengatakan Rusia hampir tidak memiliki kontak dengan orang-orang itu.

Diketahui, Putin telah mengucapkan selamat Tahun Baru 2023 kepada para kepala negara dan pemerintahan asing, serta pemimpin organisasi internasional.

Kremlin menyebut ucapan selamat Tahun Baru Putin disampaikan diantaranya kepada Turki, Azerbaijan, Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Ossetia Selatan, Bolivia, Brasil, Hungaria, Venezuela, Vietnam, India, China, Kuba, Nikaragua, Serbia, dan Suriah.

Kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, secara khusus Putin mengungkapkan hubungan yang saling menguntungkan antara Rusia dan Turki berkembang sangat dinamis, meskipun dalam situasi internasional yang sulit.

"Vladimir Putin menyatakan dalam satu tahun terakhir, kerja sama bilateral di banyak bidang telah diperluas secara signifikan. Proyek bersama besar yang dirancang untuk memastikan keamanan energi regional jangka panjang berhasil dilaksanakan," sebut Kremlin.

Pernyataan tersebut merujuk pada pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu. di Turki selatan serta pembuatan pusat gas regional Turki.

Putin menilai, dengan bekerja sama, Moskow dan Ankara akan dapat memastikan perluasan lebih lanjut dari seluruh kompleks kerja sama Rusia-Turki untuk kepentingan rakyat mereka, demi memperkuat stabilitas dan keamanan di benua Eurasia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])