Putin: Serang Wilayah Ukraina Timur!

Nusantaratv.com - 24 Februari 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan perintah operasi militer di wilayah timur Ukraina, Donbas pada Kamis (24/2/2022).

Perintah yang dapat menjadi awal invasi Rusia ke Ukraina tersebut diumumkan Putin dalam sebuah pidato di televisi negara pada Kamis pagi sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

"Saya telah membuat keputusan untuk mengerahkan sebuah operasi militer (ke timur Ukraina)," ujau Putin dalam pidato singkat. 

Putin menegaskan Rusia tak dapat menoleransi ancaman Ukraina dan mewanti-wanti intervensi asing dalam konflik ini. Ia bahkan memperingatkan pasukan Ukraina yang berada di Donbas dan sekitarnya untuk mundur atau menerima konsekuensi berat.

Donbas atau Donbass merupakan wilayah di timur Ukraina yang menaungi Donetsk dan Luhansk. Wilayah ini telah lama dikuasai kelompok separatis pro-Rusia.

Mengutip AFP, Donbas menjadi titik panas konflik berdarah antara pasukan Ukraina dan kelompok separatis. Ini terjadi sejak pencaplokan Crimea oleh Rusia pada tahun 2014 lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close