Putin Perintahkan Pengerahan Pasukan Militer Rusia Usai Akui Dua Wilayah Pecahan Ukraina

Nusantaratv.com - 22 Februari 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (CBS News)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (CBS News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Vladimir Putin memerintahkan pengerahan pasukan militer Rusia untuk menjaga perdamaian di dua wilayah pecahan di Ukraina bagian timur yang memproklamasikan diri.

Perintah pengerahan diberikan setelah Putin mengakui kemerdekaan dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina, yakni Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk. Namun, tidak jelas apakah pasukan militer Rusia itu akan memasuki wilayah Ukraina.

"Saya percaya perlu untuk mengambil keputusan yang sudah lama tertunda ini. Saya segera mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk," kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (22/2/2022).

Langkah tersebut semakin meningkatkan ketakutan internasional jika Rusia akan menyerang Ukraina setiap saat dan memprovokasi Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) untuk mengeluarkan sanksi berat terhadap Moskow.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengutuk langkah Rusia sebagai bentuk pelanggaran kedaulatan Ukraina. "Sekretaris Jenderal sangat prihatin dengan keputusan Federasi Rusia terkait status wilayah tertentu di wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina," kata juru bicaranya Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan.

"Sekretaris Jenderal menganggap keputusan Federasi Rusia sebagai pelanggaran terhadap integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa," lanjut juru bicara.

Pengakuan wilayah separatis di Ukraina datang karena lebih dari 150.000 pasukan militer Rusia telah mengepung Ukraina dari tiga sisi. AS telah memperingatkan jika Rusia bisa berupaya membuat dalih untuk menyerang Ukraina.

Terlebih, sejumlah wilayah pemberontak pro-Rusia di timur Ukraina bergolak hingga memicu sirine bahaya berbunyi membuat warga panik berhamburan ke luar rumah pada Jumat (18/2/2022).
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close