Putin Beri Hadiah Mobil Mewah kepada Kim Jong Un, Pengamat: Hanya Hubungan Saling Memanfaatkan

Nusantaratv.com - 21 Februari 2024

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendapat hadiah mobil mewah dari Presiden Rusia Vladimir Putin/ist
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendapat hadiah mobil mewah dari Presiden Rusia Vladimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden Rusia Vladimir Putin memberi hadiah mobil mewah buatan Rusia kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Mobil mewah jenis limusin tersebut telah dikirim ke Korea Utara pada Minggu (18/2/2024).

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan mobil mewah bermerk Aurus itu sama dengan yang digunakan oleh Putin sendiri.

Kim Jong-un sendiri dikenal sebagai penggila mobil dan memiliki koleksi kendaraan mewah luar negeri.

Adik perempuan Kim, Yo Jong, mengatakan hadiah tersebut merupakan gambaran yang jelas dari hubungan pribadi khusus antara kakaknya dengan Putin. 

Tetapi Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menilai hadiah tersebut melanggar sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terhadap Korea Utara, yang melarang pasokan kendaraan kategori tertentu termasuk mobil mewah.

Diketahui, Rusia dan Korea Utara yang terisolasi secara internasional telah menjalin hubungan dekat sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Jelang Pilpres Rusia 2024, Putin Kantongi 77 Persen Tingkat Kepuasan Publik

Diduga, Korea Utara memasok Rusia dengan artileri, roket, dan rudal balistik untuk perang tersebut, meskipun ada sanksi internasional terhadap kedua negara. Namun Rusia dan Korea Utara membantah melanggar sanksi.

Kesan bahwa Putin dan Kim Jong Un memiliki kedekatan khusus mencuat usai kunjungan Kim ke Kosmodrom Vostochny di Timur Jauh Rusia pada September 2023. Ini merupakan perjalanan luar negeri pertamanya dalam empat tahun. Kedatangan Kim disambut hangat oleh Putin. 

Dalam kunjungannya Kim sempat memeriksa limusin Aurus Senat milik Putin dan diundang untuk duduk di kursi belakang. Mereka juga bertukar senjata sebagai hadiah.

Meski dianggap memiliki kedekatan khusus, namun menurut salah seorang jurnalis senior, hubungan pribadi Kim dengan Putin bukanlah sebuah bromance sebagaimana hubungan Kim dengan mantan Presiden AS Donald Trump. Menurutnya, hubungan Kim dengan Putin hanya melihat manfaat dari hubungan yang lebih dekat.

Kabarnya untuk memperat hubungan Rusia dengan Korea Utara, Putin dijadwalkan akan segera berkunjung ke Pyongyang.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close