Puncak Mudik Diprediksi Paling Tinggi Hari Ini dan Besok

Nusantaratv.com - 19 April 2023

Menhub Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Menhub Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik paling tinggi terjadi hari ini dan esok.

"Hari ini memang tertinggi kalau kita ngomong berapa persen itu sulit secara kuantifikasi kita sampaikan. Tapi mudik yang paling tertinggi itu hari ini dan besok," ujar Budi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2023).

Ia mengatakan, sesuai dengan prediksi sebelumnya, puncak arus mudik terjadi pada 18 April-21 April. Tapi, menurutnya, lonjakan jumlah pemudik akan terjadi hari ini dan besok.

Hal itu terlihat dari diberlakukannya perpanjangan waktu sistem satu arah atau one way dari Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Budi mengimbau masyarakat bisa mengatur jadwal keberangkatan agar tidak menumpuk di satu waktu yang sama.

"Bayangkan kita sudah menerapkan one way di satu waktu. Semalam itu kita perpanjang sampai pagi. Hari ini jam tertentu kita majukan. Artinya apa? V/C ratio yang ada di titik Cipali sudah melampaui titik kemacetan," kata dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya masih terus melakukan berbagai upaya untuk mengurai kemacetan yang ada. Dia menyebut jalur mudik darat dari Cikampek hingga Kalikangkung menjadi prioritas.

"Moda darat yang bergerak dari arah barat ke timur mulai dari Karawang kemudian Cikampek sampai dengan Kalikangkung itu menjadi prioritas kita," kata Listyo.

Listyo mengatakan pihaknya juga akan mengevaluasi pemberlakuan one way di sana pada tengah malam nanti. Jika volume kendaraan tinggi, penerapan one way akan diperpanjang.

"Akan kita evaluasi nanti jam 24.00 WIB malam, apakah akan kita teruskan atau kita kembali menggunakan sistem contraflow. Artinya kepadatan mulai meningkat tadi malam sampai dengan nanti malam," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close