Puluhan Kepsek PSP Angkatan II Asal Manggarai Timur Ikut Kegiatan Koordinasi Teknis Tingkat Propinsi NTT

Nusantaratv.com - 20 Maret 2022

Peserta kegiatan koordinasi teknis Program Sekolah Penggerak (PSP). Foto (istimewa)
Peserta kegiatan koordinasi teknis Program Sekolah Penggerak (PSP). Foto (istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Sebanyak 21 orang Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Manggarai Timur ( Matim) mengikuti Kegiatan Koordinasi Teknis PSP angkatan 2 tingkat Provinsi NTT yang  berlangsung di Hotel Neo Aston Kupang sejak Selasa(15/3/2022) hingga Jumat (18/3/2022).

“Kegiatan Koordinasi Teknis Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 2 ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Paud Dikdas dan Dikmen Kemendikbud Ristek RI,” terang Kepala Dinas PPO, Basilius Teto selaku penanggung jawab PSP melalui Sekretaris Dinas PPO, Rofinus Hibur Hijau, pada Sabtu (20/03/2022).

Kegiatan yang difasilitasi oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS), Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Ristek itu diselenggarakan dalam rangka menyamakan persepsi terkait pelaksanaan PSP angkatan 2 di tingkat Kabupaten/kota se-Provinsi NTT.

Rofinus mengatakan, sebelumnya pada (14/3/2022), Dirjen Paud Dikdas, dan Dikmen telah menetapkan 6779 Sekolah Penggerak angkatan 2.

“LKPPKSPS sendiri mempunyai sasaran 779 sekolah Penggerak tersebar di 41 Kabupaten/Kota masing-masing di Provinsi Maluku, Maluku Utara, NTT, Riau, Lampung, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung. Sekolah Penggerak yang telah terpilih, selanjutnya akan mendapatkan intervensi pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran kompetensi holistik, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah,” jelas Rofinus.

Program Sekolah Penggerak merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila.

“Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk menciptakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non-kognitif (karakter) yang diawali dengan meningkatkan SDM (guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah) yang unggul,” terangnya.

Lebih lanjut, jelas Rofinus, ada 20 kepala satuan pendidikan dari Manggarai Timur yang mengikuti kegiatan tersebut adalah terdiri dari kepala sekolah jenjang TK, SMP, dan SMA.

“Peserta dari satuan pendidikan jenjang TK ada 1 orang yaitu Kepala Sekolah TK Negeri Lengko Elar,” tambahnya.

Kepala satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 7 peserta, terdiri dari Kepala SD Inpres Logo, Kepala SD Inpres Wae Ratun, Kepala SD Inpres Tenda Tuang, Kepala SD Inpres Nunur, Kepala SD Katolik Wae Rana, Kepala SD Katolik Wae Poang, Kepala SD Katolik Bugis.

Kepala satuan pendidikan jenjang Sekolah menengah Pertama (SMP) sebanyak 7 peserta terdiri dari Kepala SMP Negeri 2 Elar, Kepala SMP Negeri 5 Kota Komba, Kepala SMP Negeri 2 Lamba Leda, Kepala SMP Negeri 12 Borong, Kepala SMP Negeri 11 Lamba Leda, Kepala SMP Katolik Rosa Mistika Wae Rana, Kepala SMP St. Stanislaus Borong.

Sementara kepala satuan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 6 peserta terdiri dari, Kepala SMA Negeri 6 Elar, Kepala SMA Negeri 8 Poco Ranaka, Kepala SMA Negeri 8 Borong, Kepala SMA Negeri 7 Kota Komba, Kepala SMA Negeri 2 Lamba Leda, Kepala SMA Negeri  7 Borong.

“Setelah Rapat Koordinasi Teknis ini akan dilaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk Para Kepala Sekolah Penggerak Angkatan kedua di Kabupaten Manggarai Timur,” katanya.

Adapun RTL itu akan dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan.

“Lokakarya Kurikulum Perencanaan Pembelajaran, Lokakarya Toleransi, Lokakarya Kepemimpinan Kepala Sekolah, lokakarya Pengawas Sekolah; Fasilitasi Kebutuhan Belajar dan Berbagi Praktik Baik (best practice) di Satuan Pendidikan,” tutup Seksi PPO Matim itu. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])