Puan Maharani Harap Idul Adha Jadi Momentum Tingkatkan Gotong-royong

Nusantaratv.com - 17 Juni 2024

Baca Juga: Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Foto : Kresno/Man)
Baca Juga: Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Foto : Kresno/Man)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani berharap Idul Adha 1445 Hijriah menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan semangat gotong-royong.

"Selamat Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Lewat semangat Idul Adha, mari kita tingkatkan gotong royong, dan kepedulian untuk membantu sesama, terlebih bagi saudara-saudara yang membutuhkan," ujar Puan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (17/6/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Idul Adha dapat menjadi momen untuk memperkuat rasa solidaritas dan persaudaraan antar-umat beragama. 

Puan menambahkan, solidaritas sangat dibutuhkan di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi bangsa.

"Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT atas rasa syukur dan untuk meningkatkan iman dan takwa, memberi kurban di hari raya Idul Adha dapat menjadi simbol keikhlasan dalam berbagi untuk sesama, jelas anak pasangan Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri itu.

Menurutnya, ibadah kurban oleh umat Islam yang mampu, juga sebagai bagian dari sikap toleransi. 

Sebab, lanjut Puan, hewan kurban juga ditujukan untuk saudara-saudara yang kekurangan dari sisi ekonomi, sekaligus sebagai bentuk kebaikan dengan berbagi nikmat dan kebahagiaan untuk saudara, tetangga, dan lingkungan terdekat.

Dia berharap, umat Islam di Tanah Air dapat semakin meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT di momen Idul Adha.

"Hari Raya Idul Adha juga menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan," imbuhnya.

Selain itu, kata Puan, Idul Adha juga menjadi tanda telah selesainya rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

"Semoga seluruh rangkaian ibadah haji para jamaah Indonesia berjalan lancar dan jamaah dapat kembali pulang ke tanah air dengan selamat, serta menjadi haji mabrur," tukas perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close