Program Optimasi Lahan Terus Dikebut, Wamentan: Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Nusantaratv.com - 22 Agustus 2024

Wamentan Sudaryono mamastikan program optimasi lahan atau Oplah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan dengan lancar. (Foto: Dok/Istimewa)
Wamentan Sudaryono mamastikan program optimasi lahan atau Oplah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan dengan lancar. (Foto: Dok/Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mamastikan program optimasi lahan atau Oplah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan dengan lancar. Diketahui, target oplah di sana mencapai 72.993 hektare.

Menurut Wamentan, sebaran oplah berada di 5 kabupaten seperti Ogan Komering Ilir 51.762 hektare, Muara Enim 2400 hektare, Banyuasin 12000 hektare, Ogan Komering Ulu Timur 5000 hektare dan Ogan Ilir sebesar 1831 hektare. 

Semua Oplah, kata Wamentan, masih terus dikebut untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Sejauh ini oplah yang paling besar memang adanya di Sumatera Selatan sehingga ke depan perlu dukungan bersama untuk menuntaskan target pengerjaanya," ujar Wamentan saat meninjau jalannya program Kementan di Sumatera Selatan, Kamis, 22 Agustus 2024.

Wamentan Sudaryono menyebut semua oplah masih terus dikebut untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. (Foto: Dok/Istimewa)

Secara umum, Kementerian Pertanian menargetkan 1,7 juta hektare optimasi lahan di seluruh Indonesia. Dengan target tersebut, Indonesia diharapkan mampu menjadi negara kuat di bidang pangan. 

Terlebih dia sangat yakin, dalam waktu dekat, Indonesia tumbuh sebagai lumbung pangan dunia.

"Jadi targetnya adalah 1,7 juta hektare, di mana sawah kita ini ada 7,4 juta hektare. Kalau ini kita jaga dengan baik, maka tahun depan diperkirakan kita tidak impor lagi. Kalaupun kita impor maka angkanya sangat kecil sekali dan memang itu yang kita inginkan," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, Edward Candra mengapresiasi upaya pemerintah dalam menjadikan Sumsel sebagai daerah penghasil pangan terbesar nasional.

Kementerian Pertanian menargetkan 1,7 juta hektare optimasi lahan di seluruh Indonesia. (Foto: Dok/Istimewa)

Dia ingin, upaya tersebut menjadi pemicu naiknya produksi dari tahun ke tahun.

"Perlu kami laporkan bahwa Selama ini Sumsel merupakan penghasil beras terbeaar kelima setelah Jatim, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Saya berharap ke depan kita bisa meningkatkan lebih tinggi lagi," katanya.

Panglima Kodam II Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Naudi Nurdika menyambut baik pengerjaan Oplah Kementan di Sumatera Selatan. Ke depan, dia mengaku siap mengerjakan seluruh prajuritnya membantu petani meningkatkan produksi.

"Saya berharap kegiatan ini betul-betul akan mempercepat jumlah PAT di Sumsel. Kami siap mengerahkan prajurit untuk membantu petani meningkatkan produksi," jelasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close