Profil Wakapolri Baru Komjen Pol Agus Andrianto

Nusantaratv.com - 26 Juni 2023

Komjen Pol Agus Andrianto
Komjen Pol Agus Andrianto

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Komjen Pol Agus Andrianto harus menggantikan posisi Komjen Gatot Eddy Pramono yang sudah pensiun sebagai Wakil Kapolri (Wakapolri).

Promosi jabatan yang diemban Agus Andrianto juga dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.

"Wakapolri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil," kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Senin (26/6/2023).

Ahmad Ramadhan menjelaskan, Agus ditunjuk sebagai orang nomor dua di kepolisian itu karena Gatot akan memasuki masa pensiun dari Korps Bhayangkara pada 28 Juni 2023.

Sebelum resmi pensiun, Gatot terlebih dahulu ditarik menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI dalam rangka jelang pensiun.  Sedangkan posisi Kabareskrim yang sebelumnya diduduki Agus akan diisi oleh Komjen Wahyu Widada.

Posisi Wahyu sebelumnya sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri akan diisi oleh Komjen Suntana yang saat ini menjabat sebagai perwira tinggi Baintelkam Polri di luar struktur Polri.

Profil Agus Andrianto

Agus Andrianto merupakan seorang lulusan Akpol tahun 1989 yang lahir di Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967.

Nama Agus mulai dikenal masyarakat saat dirinya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim pada tahun 2016 yang kala itu menangani kasus penistaan agama, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Selain itu, Agus juga pernah menempati jabatan Wakil Kapolda Sumatera Utara pada 2017. Setahun berselang, ia naik jabatan menjadi Kapolda Sumatera Utara menggantikan Firli Bahuri yang dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kekayaan Agus Andrianto

Agus terakhir melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebanyak Rp 1,73 miliar saat ia menjabat sebagai Kepala Bagian Pengendalian Operasi Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

Ia memiliki aset tanah dan bangunan senilai Rp 864,4 juta yang tersebar di Jakarta Timur (warisan dan hibah) dan Musi Banyuasin (hasil sendiri).

Kemudian, dia melaporkan harta bergerak berupa alat transportasi senilai Rp 470 juta yang terdiri dari mobil Toyota Vios tahun 2003, mobil Nissan Grand Livina 2012, dan mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2011.

Selain itu, Agus juga melaporkan harta bergerak lainnya yaitu logam mulia senilai Rp 38 juta dan memiliki Giro setara kas Rp361 juta. Sementara itu, Agus diketahui tidak memiliki catatan kepemilikan piutang.

Dalam LHKPN itu juga dilaporkan adanya peningkatan harta kekayaan Agus dibandingkan LHKPN yang dilaporkan pada 20 Desember 2011.

Pada saat itu, dia melaporkan kepemilikan harta mencapai Rp 1.203.400.000. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan pada tahun 2016 yang Ia laporkan mencapai Rp 1.733.400.000.

Berikut Daftar Pejabat Tinggi Polri dan Kapolda yang Dirotasi dan Mutasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi. Dan mutasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) yang menjadi pejabat teras di Korps Bhayangkara.

Di antaranya adalah posisi Wakapolri yang nantinya akan dijabat oleh Kabareskrim Komjen Agus Andrianto.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dirotasi menjadi Pati Mabes Polri dalam rangka memasuki masa pensiun.

Polri sendiri menerbitkan lima surat telegram yang diterbitkan pada tanggal 24 Juni 2023. Yakni, ST/1392/VI/KEP./2023 sebanyak 28 personel. ST/1393/VI/KEP./2023 sebanyak 4 personel.

ST/1394/VI/KEP./2023 sebanyak 218 personel. ST/1395/VI/KEP./2023 sebanyak 170 personel. Dan, ST/1396/VI/KEP./2023 sebanyak 119 personel.

"Secara keseluruhan terdapat 539 personel yang mutasi," kata Karopenmas Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Senin, 26 Juni 2023

Adapun beberapa rotasi Pati Polri itu diantaranya;

PJU Mabes Polri

- Wakapolri Komjen Agus Andrianto
- Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada
- Kabaintelkam Polri Komjen Suntana
-Asops Kapolri Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca.


Rotasi Kapolda
- Kapolda Sulbar Irjen Adang Ginanjar
- Kapolda Bali Brigjen Ida Bagus KD Putra Narendra.

Rotasi Wakapolda

- Wakapolda Sulteng Brigjen Soeseno Noerhandoko
- Wakapolda Bengkulu Brigjen Agus Salim
- Wakapolda Malut Brigjen Samudi
- Wakapolda Kepri Brigjen Asep Safrudin

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close