Profesor American University of Rome: Berantas Hamas Merupakan Hal yang Mustahil

Nusantaratv.com - 10 Januari 2024

Kelompok organisasi garis keras di Palestina, Hamas
Kelompok organisasi garis keras di Palestina, Hamas

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Seorang profesor hubungan Internasional di American University of Rome, Andrea Dessi mengatakan, Hamas merupakan sebuah kelompok organisasi yang kuat dan sangat sulit untuk di berantas.

"Kami telah memperingatkan (sebagai analis) bahwa tujuan memberantas Hamas yang merupakan sebuah gerakan mapan di kalangan penduduk Gaza secara militer adalah hal yang mustahil," kata Dessi dilansir dari Al Jazeera.

"Dan ini adalah masalah yang berkaitan dengan tujuan-tujuan di Gaza dan masalah dengan kebijakan AS yang mengabaikan tujuan-tujuan tersebut di Gaza – dan bahkan menyetujui tujuan-tujuan tersebut," sambungnya.

"Perjalan dari tujuan Antony Blinken akan sangat sulit, akan ada diskusi yang sulit, tetapi saya tidak melihat pertempuran akan segera berakhir, apalagi tekanan dari pemerintah AS untuk melakukan gencatan senjata," ungkapnya.

Sebagai informasi, Antony Blinken merupakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang terus memberikan tekanan kepada Israel untuk mengurangi intensitas operasi militer di Gaza.

Namun dibalik itu semua Blinken memiliki sejumlah agenda dan rencana untuk Israel setelah perang selesai.

Salah satunya Antony Blinken ingin perdamaian di masa depan yang abadi bagi Israel dan yang aspiratif bagi Palestina dan mungkin bisa membuka jalan bagi negara Palestina.

Selain itu, Blinken juga memiliki rencana kemanusiaan dari jumlah warga sipil dan korban jiwa yang dialami warga Palestina di Gaza, serta mendorong agar lebih banyak bantuan kemanusiaan yang disalurkan ke daerah Gaza setelah Israel memastikan kemenangan dalam perang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close