Presiden Palestina Mahmoud Abbas Kunjungi Rusia, Ini yang Dibahas

Nusantaratv.com - 12 Agustus 2024

Presiden Palestina Mahmoud Abbas (Foto: REUTERS/Mohamad Torokman/Pool/Dok)
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (Foto: REUTERS/Mohamad Torokman/Pool/Dok)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bakal berkunjung ke Rusia pada Senin (12/8/2024). 

Mahmoud Abbas diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Hal itu disampaikan Duta Besar Palestina untuk Rusia Abdel Hafiz Nofal, pada Minggu (11/8/2024), seperti dilaporkan Anadolu Agency.

Kepada kantor berita Rusia, TASS, Nofal mengungkapkan, Mahmoud Abbas akan tiba di Moskow pada 12 Agustus malam waktu setempat.

"Pertemuan dengan Presiden Putin dijadwalkan akan dilakukan pada Selasa (13/8/2024), dan sebelum itu, Mahmoud Abbas akan meletakkan bunga di Makam Prajurit Tak Dikenal di Moskow," kata Nofal.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, kunjungan tiga hari Mahmoud Abbas ke negara itu akan berakhir pada 14 Agustus. Nofal menyatakan Mahmoud Abbas juga akan mengadakan pertemuan dengan duta besar negara-negara Arab di Rusia selama kunjungannya.

Dia juga mengatakan topik utama diskusi antara Abbas dan Putin yakni situasi terkini di Jalur Gaza.

"Mereka akan berbicara tentang peran Rusia, dan apa yang dapat dilakukan. Kami berada dalam situasi yang sangat sulit, dan Rusia adalah negara yang dekat dengan kami. Kami perlu berkonsultasi," tambah Nofal.

Awalnya kunjungan Presiden Palestina itu direncanakan pada 15 November 2023, namun kunjungan tersebut ditunda atas permintaan pihak Palestina karena situasi di Gaza.

Serangan Israel terhadap Gaza telah menewaskan hampir 39.800 korban sejak Oktober 2023. Peristiwa tersebut menyusul serangan lintas batas oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), yang memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militer mereka di selatan kota Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close