Presiden Megawati dan Presiden SBY Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR 2024

Nusantaratv.com - 16 Agustus 2024

Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2024. (Foto:  TPN Ganjar-Mahfud)
Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2024. (Foto: TPN Ganjar-Mahfud)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2024.

Adapun Megawati hingga sidang tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB tampak belum tiba di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2024). 

Anggota Fraksi PDI Perjuangan Aria Bima belum mengetahui kepastian hadir atau tidaknya Megawati, tetapi dia menyebut Megawati sedang berada di Jakarta.

"Saya belum tahu kepastiannya soal hadir atau tidaknya. Bagi saya kalau ibu dalam kondisi yang sehat, badan yang sehat, pasti beliau hadir," kata Aria sebelum menuju ke ruang sidang tahunan, dikutip dari Antara, Jumat (16/8/2024).

Di samping itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada saat membuka pidatonya tidak menyebutkan sambutan kepada Megawati. 

Adapun setelah menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin, dia langsung berurutan menyambut Wapres ke-6 Republik Indonesia Try Sutrisno, dan seterusnya.

Selain itu, nama Megawati juga tidak disebut oleh Bambang Soesatyo saat menyambut para ketua partai politik. Adapun Megawati merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan.

Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani sudah tiba di kompleks parlemen pada pukul 08.33 WIB dan menjadi pimpinan sidang tahunan tersebut. 

Selain itu, ada juga menteri dari PDIP yang tampak hadir, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Pembangunan Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, ketidakhadiran Susilo Bambang Yudhoyono telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar serta putranya yakni Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono.

Ibas, sapaan akrabnya, mengatakan jika ayahnya tidak hadir karena sedang berada di Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Menurutnya, SBY mengadakan kegiatan syukuran satu tahun museum SBY-Ani di Pacitan.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close