Presiden Mahasiswa Trisakti Diduga Digebuki, Polisi Selidiki

Nusantaratv.com - 08 April 2022

Kampus Universitas Trisakti. (Net)
Kampus Universitas Trisakti. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​Nusantaratv.com - Video viral yang dinarasikan terjadi pemukulan terhadap Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, viral di media sosial (medsos). Peristiwa itu disebut terjadi usai protes yang dilakukan mahasiswa perihal komersialisasi kampus.

Peristiwa disebut terjadi pada Kamis (7/4/2022). Mulanya mahasiswa melakukan aksi penolakan komersialisasi lahan parkir di kampus.

"Tidak lama kemudian massa aksi mendapatkan ancaman secara langsung dan juga terkhusus Presiden Mahasiswa Fauzan Raisal Misri mengalami kekerasan fisik, mengalami pemukulan, tendangan, hingga kepalanya dibenturkan. Hal ini dilakukan tepat di hadapan massa aksi dan otorita kampus. Kejadian tersebut tepat di depan kantor parkir USAKTI dan pihak otorita lainnya tapi pihak otorita terkesan berpihak dan membiarkan hal itu terjadi," bunyi unggahan media sosial, dikutip Jumat (8/4/2022).

Polisi sendiri membenarkan adanya laporan dari pihak mahasiswa Universitas Trisakti terkait tindakan penganiayaan tersebut.

"Laporan sedang kita tangani dan lidik (penyelidikan) terkait kasusnya. Kasus yang dilaporkan penganiayaan," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo. 

Menurut dia, laporan dari pihak mahasiswa dilayangkan ke Polres Metro Jakarta Barat pada Kamis (7/4/2022) malam, dan kini masih dipelajari penyidik.

Ady belum merinci soal duduk perkara kasus itu hingga berujung penganiayaan. Dia menyebut persoalan itu berawal dari konflik internal kampus.

"Permasalahan internal pastinya," jelas Ady.

Dia menambahkan saat ini proses penyelidikan masih dilakukan. Motif penganiayaan kepada pelapor tengah diusut.

Adapun Presma Trisakti melalui Insta Story akun Instagram @kepresmausakti menyampaikan kronologi kejadian tersebut. Dugaan penganiayaan terhadap Presma Trisakti Fauzal Raisal Misri terjadi saat ia menyiapkan massa aksi. Namun, pihak mahasiswa didatangi oleh kepala otorita yang menanyakan soal rencana aksi.

Berikut pernyataan lengkap Kepresma Universitas Trisakti:

Kronologis pemukulan terhadap Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti yang dilakukan di lingkungan kampus versi Kepresidenan Mahasiswa Universitas Trisakti:

Pukul 19.30: Presiden Fauzal Raisal Misri dan wakil presiden Niha Nihaya didatangi kepala otorita dan anggotanya di ruangan kepresma terkait konsolidasi mengenai parkir.

Pukul 22.00: Presiden Mahasiswa Fauzan Raisal Misri dan kawan-kawan mempersiapkan segala bahan-bahan yang diperluka untuk aksi damai dalam penutupan/penyegelan alat parkir yang ditemani oleh beberapa mahasiswa hukum

Pukup 01.00: mahasiswa memulai aksi penutupan (segel) terhadap mesin-mesin parkiran berbayar.

Pukul 01.30: mahasiswa didatangi oleh beberapa oknum dari pihak parkir USAKTI bersama pihak otorita, lalu diarahkan ke depan parkir USAKTI untuk diminta kejelasan aksinya dan Presiden Mahasiswa Trisakti mendapatkan ancaman secara langsung dan juga kekerasan fisik," tulis keterangan itu. Mengalami pemukulan, tendangan, hingga kepalanya dibenturkan dan hal ini dilakukan tepat di hadapan massa aksi dan otorita kampus. Kejadian tersebut tepat di depan kantor parkir USAKTI dan pihak otorita lainnya tapi pihak otorita terkesan berpihak dan membiarkan hal itu terjadi. Oknum yang melakukan pemukulan tersebut bahkan sempat mengeluarkan senjata tajam berupa kapan di hadapan mahasiswa. Beberapa mahasiswa dibentak dan dipermalukan secara verbal

Pukul 02.00: Presiden Mahasiswa ditahan di dalam kampus tepatnya di ruang otorita bersama pihak otorita.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close