Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo di Sumenep-Madura, Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran 2022

Nusantaratv.com - 20 April 2022

Bandara Trunojoyo Sumenep/ist
Bandara Trunojoyo Sumenep/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Rabu (20/4/2022).  

Kehadiran Bandara ini diharapkan meningkatkan konektivitas dari dan ke Pulau Madura, serta membuka keterisolasian pulau-pulau terpencil yang ada di sekitarnya seperti Pulau Bawean dan Pulau Pagerungan.

Bahkan Jokowi menginstruksikan agar Bandara Trunojoyo dipersiapkan untuk mudik Lebaran 2022. 

"Saya minta ini karena sudah hampir ini menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep," ujar Jokowi.

"Dengan adanya pelayanan transportasi udara, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Madura ke pulau-pulau kecil di sekitarnya maupun sebaliknya. Jika menggunakan kapal bisa berhari-hari. Dengan pesawat hanya satu jam saja," imbuhnya.

Jokowi meminta jelang Lebaran dapat diadakan pelayanan penerbangan dari Sumenep ke Surabaya PP dan Sumenep ke Jakarta PP.

Baca juga: Legislator Tekankan Pentingnya Perencanaan pada Pembangunan Bandara Dhoho

"Kita coba apakah akan penuh atau tidak untuk penumpangnya. Menurut saya Insha Allah penuh," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa Bandara ini berpotensi untuk melayani rute-rute ke Bali, Banjarmasin dan Jakarta. 

"Karena banyak Masyarakat Madura yang bekerja di Kalimantan, Jakarta, dan Bali," ucap Menhub Budi Karya, mengutip okezonecom.

Budi Karya menjelaskan saat ini, Bandara Trunojoyo telah melayani beberapa rute yakni, Sumenep-Surabaya PP, Sumenep-Bawean PP, Sumenep-Pagerungan PP, dan Sumenep-Banyuwangi PP.

Menhub berharap, kehadiran bandara ini dapat mengembangkan potensi wisata dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Madura dan di Jawa Timur.

Sebagai informasi, sejak tahun 2018 hingga 2020, telah dibangun gedung terminal baru seluas 3.600 m2 di Bandara Trunojoyo dengan kapasitas 129 ribu penumpang per tahunnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close