Prabowo 'Mesra' dengan Ganjar Tapi 'Illfeel' pada Anies di Debat Ketiga Capres

Nusantaratv.com - 07 Januari 2024

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo/ist
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Debat ketiga capres dalam Pilpres 2024 yang digelar stora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) menghadirkan suasana yang kontras diantara ketiga kandidat. Terlihat Prabowo Subianto 'mesra' dengan Ganjar Pranowo tetapi 'illfeel' pada Anies Baswedan. 

Sepanjang berlangsungnya debat Prabowo berulangkali menyatakan sependapat dengan Ganjar. 

"Sekali lagi saya harus mengatakan saya banyak sependapat dengan Pak Ganjar," kata Prabowo.

Prabowo sepakat bahwa tumpang tindih sektor keamanan harus diselesaikan oleh pimpinan tertinggi. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan.

Ia juga sepakat TNI dan Polri diapresiasi dalam menjaga pertahanan dan keamanan Indonesia.

"Dalam mengatasi berbagai peristiwa-peristiwa pelik, harus kita akui, menghadapi terorisme, bom Bali, Ploso dan sebagainya," ucapnya.

Sebaliknya Prabowo Subianto justru bertolak belakang dengan Anies. Diawali saat Anies menyinggung soal luas lahan yang dimiliki Prabowo.

Aksi saling serang antara Prabowo dengan Anies terus berlanjut hingga sesi tanya jawab antar capres. 

Prabowo menilai apa yang disampaikan Anies indah, namun terlalu teoritis terutama terkait beberapa permasalahan keamanan yang masih dihadapi Indonesia.

"Saya berpandangan Pak Anies juga terlalu teoritis, semuanya bagus, indah," kata Prabowo.

Baca juga: Debat Capres Ketiga Pemilu 2024, Prabowo: Miliki Pertahanan yang Kuat, Negara Akan Dihormati

Prabowo  juga meminta lawannya itu untuk kembali belajar soal ekonomi terkait rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) .

"Saya kira Pak Anies perlu belajar ekonomi lagi," kata Prabowo.

Mendengar tanggapan Prabowo, Anies, dengan kemeja putih dan jas hitamnya, tampak tertawa.

Momen paling panas saat keduanya tanya jawab soal kaitan etika dengan kepemimpinan. Anies menanyakan soal hubungan antara standar etika pemimpin negara dalam mempertahankan kedaulatan negara.

Prabowo pun menjawab bahwa dirinya sependapat dengan Anies bahwa semakin tinggi pemimpin maka semakin luas dan kompleks.

"Kepemimpinan butuh nilai sangat fudemental, nilai cinta tanah air, kejujuran, harus memberi contoh tidak boleh korupsi dengan bentuk apapun jadi saya sepakat harus ada kepemimpijan berdasarkan nilai berhubungan dengan etik itu benar, kita harus beretik dengan benar, jujur apa yang kita katakan apa yang dihari kita apa yang dimulut apa yang dihati," ucap Prabowo.

"Saya sependapat semaki tinggi semakin kompleks memang kita jangan karena ambisi pribadi kita itu kita menghasut dan menyesatkan rakyat, itu etik yang tertingi saudara Prof Anies Baswedan, kebersihan jiwa. sekali lagi jangan karena ambisi pribadi kira menyesatkan rakyat, kita menghasut rakyat," tambahnya.

Kemudian Prabowo pun keberatan kepada Anies yang kembali membahas soal etik, Prabowo merasa Anies tak pantas membahas soal etik.

"Bicara etik-etik saya keberatan karena anda desak saya, saya menilai anda tidak pantas bicara soal etik itu saja, saya merasa bahwa anda itu menyesatkan. Saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik karena anda tidak memberikan contih yang baik soal etik," pungkas Prabowo.

Tema debat ketiga capres malam ini seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close