Prabowo Menang Pilpres, Menlu AS: Selamat, Semoga Kita Bermitra

Nusantaratv.com - 21 Maret 2024

Prabowo Subianto saat menerima surat ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden.
Prabowo Subianto saat menerima surat ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) atau Secretary of State Anthony J Blinken, memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto, lantaran menjadi presiden terpilih Indonesia pada Pilpres 2024.

Ucapan Blinken dirilis dalam pernyataan pers tertanggal Rabu (20/3/2024) di situs resmi US Department of State.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya," ujar Blinken.

"Dan sekali lagi memuji rakyat Indonesia atas jumlah pemilih dan komitmen yang kuat terhadap demokrasi dan supremasi hukum," imbuhnya.

Blinken pun menegaskan bahwa AS dan Indonesia sudah memiliki hubungan diplomatik selama 75 tahun yang didasarkan pada demokrasi dan pluralisme. Ia menyebut Indonesia adalah mitra dan teman dekat, yang bekerja sama untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi warga negara masing-masing.

"Kami berharap dapat bermitra erat dengan presiden terpilih Subianto dan pemerintahannya ketika menjabat pada bulan Oktober," kata Blinken.

Sebelumnya, pada 14 Maret lalu Prabowo menerima ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden. Ucapan disampaikan melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih, yang diantar Dubes AS untuk ASEAN Yohannes Abraham ke Prabowo.

"Selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama pada demokrasi – dan kepada Anda, atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden," ujar Biden.

Diketahui, capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dinyatakan KPU menang Pilpres dengan raihan 96.214.691 suara.

Sementara capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27.040.878 suara. Hasil Pilpres 2024 tersebut lalu ditetapkan dalam berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close