Prabowo Kutip Pepatah Jawa "Mikul Dhuwur Mendhem Jero"

Nusantaratv.com - 15 Februari 2024

Prabowo dan Gibran/net
Prabowo dan Gibran/net

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Kemenangan yang diraih pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 disambut gegap gempita seluruh rakyat Indonesia. 

Dalam pidato kemenangan yang digelorakan di Istora Senayan dihadapan ribuan pendukung, Prabowo mengutip salah satu pepatah Jawa, "Mikul Dhuwur Mendhem Jero".

"Ini adat, budaya kita, rakyat Indonesia tidak suka saling menjelekkan-jelekan, ajaran orang tua kami, nenek moyang kami adalah mikul dhuwur mendhem jero, artinya mengangkat yang baik dan meninggalkan yang kurang baik," pidato Prabowo yang mengutip pepatah Jawa itu pun disambut gemuruh para pendukung.

Prabowo juga mengatakan bahwa selama dirinya dan Gibran berkampanye, masyarakat sesungguhnya menginginkan kerukunan.

"Di seluruh tempat yang kami datangi, rakyat selalu mengatakan ingin kerukunan, ingin kesejukan, bangsa Indonesia adat kami, tradisi kami, ajaran orang tua kami adalah tidak mencari permusuhan, tapi kita mencari kekeluargaan, persaudaraan," kata Prabowo.

Satu lagi yang disampaikan Prabowo dalam pidatonya, bahwa semakin bermartabatnya Indonesia maka tidak tertutup kemungkinan bangsa Indonesia menjadi panutan negara-negara lain di dunia. 

"Berkali-kali saya mengajak sebagai bangsa yang bermartabat, sebagai bangsa yang dewasa, sekarang bangsa yang jadi panutan bangsa lain, mari kita bersyukur, mari berterima kasih kepada pendiri bangsa kita, mari berterima kasih pada presiden-presiden yang kita miliki selama ini," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close