Prabowo Ingin HUT RI Tahun 2025 Kembali Digelar di IKN

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto saat upacara HUT ke-79 RI di IKN/ist
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto saat upacara HUT ke-79 RI di IKN/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto menginginkan Upacara HUT RI pada tahun 2024 akan kembali digelar di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"Insyaallah akan di sini lagi," kata Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan awak media setelah Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada Peringatan HUT Ke-79 RI di Istana Negara, IKN, Sabtu petang.

Presiden Jokowi mempersilakan Prabowo untuk menjawab pertanyaan wartawan mengenai apakah peringatan HUT RI pada tahun 2025 akan kembali digelar di Istana Negara IKN.

"Tanyakan ke Presiden terpilih," kata Jokowi dikutip dari Antara. 

Prabowo belum memastikan apakah Upacara Peringatan HUT RI tahun depan akan digelar di dua tempat, yakni Istana Merdeka, Jakarta dan Istana Negara IKN seperti tahun ini. Namun, ia kembali menegaskan pemerintahannya kelak akan menggelar Upacara Peringatan HUT RI di IKN.

"Kita lihat nanti, tetapi intinya upacara di sini," kata Prabowo.

Presiden Jokowi pada Sabtu pagi ini memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang pertama kali digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam upacara bersejarah itu, Ketua DPR RI Puan Maharani bertindak sebagai pembaca teks Proklamasi. Rangkaian upacara digelar secara hybrid (terhubung) dan serentak dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Jokowi memimpin jalannya upacara di Istana Negara IKN didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri upacara di Istana Merdeka, Jakarta, dengan didampingi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Pada upacara itu, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Kustin asal Kalimantan Timur, sementara Prabowo Subianto mengenakan pakaian adat khas Cak Surabaya, Jawa Timur.

Selanjutnya pada Sabtu sore, Presiden Joko Widodo yang kembali didampingi Prabowo Subianto menghadiri prosesi Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara, IKN.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close